5 Kegiatan Seru yang Bisa Anda Lakukan di Pantai Tanjung Tinggi

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #186
 
 Asep Irwan Gunawan  22/03/2019
Location: Belitung VIEW 9983 LIKE 577

Pantai Tanjung Tinggi adalah salah satu pantai yang populer di Belitung. Popularitas Pantai Tanjung Tinggi memang tidaklah berlebihan. Ini karena di sini ada banyak hal menarik yang didapati. Berada di sini Anda akan terkesima. Ini karena pantai seluas 80 hektar tersebut memiliki sajian alam yang mempersona. Bahkan dari keindahan alam yang dihadirkan, Pantai Tanjung Tinggi bahkan dijadikan tempat atau lokasi syuting film “Laskar Pelangi” dan “Sang Pemimpi” yang fenomenal tersebut. Karena banyaknya hal menarik di pantai ini maka Anda pun di sini bisa melakukan berbagai kegiatan seru. Nah berikut ini adalah beberapa kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di pantai yang berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

1. Fotografi dan Berfoto Selfie

foto #0 Batu Lion King
Batu Lion King

Pertama, kegiatan seru pertama yang bisa Anda lakukan di Pantai Tanjung Tinggi adalah berfoto selfie. Pantai yang diapit oleh dua semenanjung, yakni tanjung Kelayang dan tanjung Pendam ini memang memiliki panorama yang sangat menarik untuk diabadikan dengan kamera. Bahkan di sini Anda bisa mendapatkan foto yang keren dan instagramable untuk di posting di media sosial. Spot pertama untuk berfoto selfie dan mendapatkan gambar keren di Pantai Tanjung Tinggi adalah di bebatuan granit. Bebatuan granit di Pantai Tanjung Tinggi ini memang sangat eksotik. Dengan ukurannya yang besar dan jumlahnya yang terbanyak dari pantai lainnya di Belitung, membuat Batuan granit di sini begitu apik untuk diabadikan. Selain batuan granit, spot menarik lain yang bisa Anda abadikan di Pantai Tanjung Tinggi yakni panorama sunset di sore hari. Pantai Tanjung Tinggi yang memang lebih menghadap ke arah Barat membuat lanskap matahari yang terbenam terlihat begitu menawan. Jadi dari sini Anda pun yang hobi fotografi dan berselfie bisa menjadikannya sebagi latar foto. Hasil jepretan dari panorama sunset di Pantai Tanjung Tinggi ini tentu akan sangat mengagumkan. Selain bebatuan granit dan juga panorama sunset, di pantai Tanjung Tinggi Anda juga bisa menjadikan spot lanskap pantai dengan pasir putih dan bentang perairan yang jernih di sini sebagai latar berfoto yang juga akan menghasilkan gambar yang keren.

2. Bermain Pasir dan Berenang

foto #1 Bergaya di Batu Bakpao
Bergaya di Batu Bakpao

Berikutnya, kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di Pantai Tanjung Tinggi yaitu bermain pasir dan berenang. Pasir Pantai Tanjung Tinggi ini memang sangat menggoda untuk siapa saja yang datang. Sebab pasir di Pantai Tanjung Tinggi ini berwarna ptih dan bersih. Selain itu butiran pasir Pantai Tanjung Tinggi juga terbilang halus. Jadi dengan semua karakteristik pasir di Pantai Tanjung Tinggi ini membuat Anda akan sangat senang saat bermain-main di sana. Tak hanya itu tapi di Pantai Tanjung Tinggi dengan perairan yang jernih dan tenang Anda juga bisa melakukan kegiatan berenang dengan seru. Pantai Tanjung Tinggi memang dikenal sebagai pantai dengan perairan yang tenang. Meski sudah populer dan banyak dikunjungi wisatawan, perairan di Pantai Tanjung Tinggi ini masih terjaga dengan baik kebersihan dan kejernihannya. Nah dari dua dukungan itulah Anda bisa menjalankan kegiatan berenang di Pantai Tanjung Tinggi dengan nyaman dan leluasa. Namun saat berenang disarankan untuk berhati-hati karena sering dijumpai ubur-ubur yang bisa saja menyerang Anda.

3. Snorkeling dan Diving

foto #2 Kolam Renang Raksasa
Kolam Renang Raksasa

Dengan perairan yang jernih, di Pantai Tanjung Tinggi ini Anda yang hobi snorkeling dan diving bisa melakukannya dengan optimal. Sebab dengan perairan yang jernih maka tingkat visibilitas untuk melihat pemandangan di bawah laut akan semakin baik. Di Pantai Tanjung Tinggi ini, bukan hanya perairan yang jernih saja yang akan mendukung kegiatanmu bersnorkeling atau diving. Sebab di sini habitat ikan dan terumbu karang juga masih terjaga dengan baik, sehingga saat berada di bawah laut, Anda akan bisa mendapati pemandangan yang indah. Saat berada di dalam perairan Pantai Tanjung Tinggi ini Anda akan bisa mendapati kelompok ikan Atherinomorus sp yang membentuk formasi yang artistik (schooling) dan berjumlah ratusan hingga ribuan. Tidak hanya itu, di perairan Pantai Tanjung Tinggi ini kita juga bisa mendapati Cymadocea dan Thalassia yang berada di lapisan lamun, termasuk laum Halophilla. Sementara di lapisan makroalga kita akan menjumpai Padina dan Sargasum. Semakin ke arah tengah dan dalam dari perairan Pantai Tanjung Tinggi, kita akan mendapati karang massif dan beberapa terumbu karang. Meski tiak terlalu panjang dan luas, tapi dengan adanya terumbu karang di perairan Pantai Tanjung Tinggi, Ada bisa melakukan kegiatan snorkeling dan diving ini dengan optimal. Beberapa jenis terumbu karang yang bisa kita temui di perairan Pantai Tanjung Tinggi ini antara lain karang Acropora tumbulate, mushroom, foliose, karang Acropora branching, karang massif dan juga akar bahar dan softcoral dengan jumlah yang sedikit. Untuk bisa menjumpai terumbu karang yang lebih baik dan sehat ini disarankan Anda untuk menyelam lebih dalam. Karena bila masih di perairan dangkal, terumbu karang yang ada kurang sehat karena terbuka atau kering saat air laut surut rendah. Dengan segala dukungan yang ada di perairan Pantai Tanjung Tinggi ini maka kegiatan snorkeling dan diving yang Anda jalankan akan terasa semakin seru.

4. Menikmati Keindahan Sunset

foto #3 Berfoto dan BErgaya
Berfoto dan BErgaya

Selanjutnya, kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di Pantai Tanjung Tinggi yang juga disebut Pantai Laskar Pelangi ini adalah menikmati sunset. Bagi Anda pecinta penorama sunset maka Anda tak boleh melewatkannya saat datang ke Pantai Tanjung Tinggi. Sebab, panorama sunset di Pantai Tanjung Tinggi ini memang nampak begitu indah dan menawan. Dengan pantai yang lebih menghadap ke arah Barat, memang membuat pemandangan sunset di pantai ini begitu optimal. Dari keindahan lanskap matahari terbenam di Pantai Tanjung Tinggi maka Anda yang datang ke sini maka akan sangat disayangkan bila melewatkannya. Namun untuk bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah di ufuk Barat di Pantai Tanjung Tinggi maka Anda harus datang ke sini pada sore hari jelang petang.

5. Relaksasi dan Bersantai

foto #4 Berenang Bebas
Berenang Bebas

Terakhir, kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di Pantai Tanjung Tinggi adalah bersantai. Pantai memang merupakan salah satu tempat terbaik untuk melepas lelah dan penat. Dengan sajian panorama alamnya yang indah, melihatnya saja akan membuat segala jenuh dan penat langsung hilang. Meskipun Pantai Tanjung Tinggi ini terbilang pantai yang populer dan banyak dikunjungi wisatawan di Belitung, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan rileksasi. Sebab pantai yang berjarak 31 km dari Kota Tanjung Pandan ke arah Utara ini memiliki area yang terbilang luas yakni mencapai 80 hektar. Nah dari luasnya area Pantai Tanjung Tinggi, membuat Anda bisa bersantai di beberapa spot yang ada. Didukung dengan fasilitas yang lengkap dan mumpuni seperti restoran, musholla, dan hotel membuat kegiatan bersantai Anda akan semakin optimal. Karena dari beberapa fasilitas yang ada di Pantai Tanjung Tinggi ini maka kegiatan bersantai Anda semakin lengkap dengan berkuliner atau menginap bila diperlukan.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar