5 Wisata yang Ada di Sekitaran Kota Tanjung Pandan

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #158
 
 Asep Irwan Gunawan  19/01/2018
Location: Pulau Belitung VIEW 9577 LIKE 2676

Tanjung Pandan sebagai Ibu Kota Kabupaten Belitung tentu menyimpan banyak hal untuk ditelusuri. Dalam kegiatan liburan, Kota Tanjung Pandan memiliki beberapa pesona yang bisa membuat pengalaman wisata jadi lebih mengesankan. Ditambah dukungan fasilitas kota yang mumpuni membuat kegiatan liburan di sekitar Kota Tanjung Pandan akan jadi maksimal. Nah untuk Anda yang memang sedang merencanakan liburan di sekitara Kota Tanjung Pandan, maka beberapa destinasi ini patut dikunjungi.

1. Pantai Tanjung Pendam

foto #0 http://lejuuuk.blogspot.co.id
http://lejuuuk.blogspot.co.id

Destinasi sekitar Kota Tanjung Pandan pertama yang patut bisa Anda kunjungi adalah Pantai Tanjung Pendam. Pantai yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung ini memang sangat menarik. Hal ini dikarenakan ada banyak pesona dan suguhan yang dapat membuat pengunjung jadi betah berlama-lama. Meski berada di dekat kota, tak lantas membuat Pantai Tanjung Pendam jadi kotor. Hal ini terlihat dari lingkungan pantai yang masih asri dan alami. Bukan hanya itu, air laut di Pantai Tanjung Pendam juga masih terbilang jernih. Dengan dukungan ombak yang tidak terlalu besar membuat Pantai Tanjung Pendam juga mumpuni untuk berenang. Pesona Pantai Tanjung Pendam makin elok dengan adanya pasir putih halus yang ada di sekitaran pantai. Dengan adanya pepohonan di sekitar area pantai yang menghadirkan angin sepoi-sepoi juga membuat Pantai Tanjung Pendam sangat optimal untuk kegiatan bersantai melepas penat. Apalagi bila Anda datang ke sini pada sore jelang petang, maka akan ada sajian sunset yang cantik untuk disaksikan. Pantai Tanjung Pendam yang menghadap ke arah Barat memang membuat sunset yang muncul di sini jadi nampak terlihat sempurna. Keistimewaan lain dari pantai yang berada di Kota Tanjung Pandan, Kecamatan Sijuk, Kabupatan Belitung ini yakni adanya beberapa galeri kerajinan tangan dan pertunjukan kesenian. Sementara itu di depan Pantai Tanjung Pendam kita bisa menyaksikan Pulau Kalimua yang dianggap sebagai tempat membuang sial. Selain berkuliner, di Pantai Tanjung Pendam Anda juga bisa belanja buah tangan berupa souvenir dan beberapa jajanan khas Belitung.

2. Pemandian Alam Jerry

foto #1 https://web.facebook.com
https://web.facebook.com

Berada di Jl. Buluh Tumbang, Desa Perawas, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Anda bisa mendatangi sebuah pemandian alam yang menarik. Pemandian Alam Jerry memang bukan sekedar pemandian biasa. Pasalnya di pemandian ini Anda bisa menjumpai flora dan fauna langka. Beberapa satwa langka yang dipelihara di sini yaitu burung lukebird, burung kakaktua dan musang selat nasik. Sementara itu untuk flora yang bisa kita saksikan di sini yaitu pohon keremunting, pohon namnam, pohon kayu putih, pohon rambai dan pohon maja. Pemandian yang dikelola oleh Jerry Uktoselja ini juga menghadirkan beberapa pepohonan berbuah seperti sawo, rambutan dan durian yang saat panen bisa Anda nikmati secara gratis. Untuk tempat pemandiannya sendiri, di sini kita bisa berendam dan mandi dengan sensasi menyegarkan. Hal ini dikarenakan Pemandian Alam Jerry memiliki air yang jernih dari Sungai Bebulak yang bersumber pada mata air di bawah kaki Gunung Tajam. Sajian wisata di Pemandian Alam Jerry makin sempurna dengan adanya taman dan lingkungan yang asri, rindang dan menyejukkan.

3. Danau Kaolin Belitung

foto #2 https://ksmtour.com
https://ksmtour.com

Anda pecinta wisata Instagramable maka destinasi Danau Kaolin Belitung akan menjadi tempat yang tepat. Danau yang muncul dari bekas pertambangan timah ini memang selalu menjadi tujuan atau spot berfoto yang diburu para pecinta fotografi. Dengan menghadirkan pesona danau berair biru cerah yang sangat kontras dengan datarannya yang berwarna putih terang, menjadikan Danau Kaolin sangat menarik untuk dibidik kamera. Hasil jepretan di Danau Kaolin sendiri selalu keren dan memuaskan. Bila Anda pernah ke Kawah Putih Ciwidey, Bandung maka pemandangannya hampir sama dengan di Danau Kaolin. Tapi bedanya jika di Kawah Putih Ciwidey Anda akan mendapati bau belerang maka di Danau Kaolin Anda tidak akan mencium bau tersebut. Dari sini maka Anda pun bisa leluasa dan berlama-lama berwisata di Danau Kaolin Belitung. Selain berwarna biru cerah, air di Danau Kaolin ini begitu jenih. Hal ini disebabkan sifat kaolin yang merupakan zat mineral. Sifat kaolin ini juga yang kemudian membuat tanah di sekitarnya menjadi berwarna putih terang. Sebagai zat mineral aluminosilikat, Kaolin menjadi bahan industri yang sering digunakan untuk produk kertas, pasta gigi, kosmetik dan makanan. Di tengah Danau Kaolin sendiri terbentuk semacam pulau putih yang juga menjadi sajian menarik untuk disaksikan. Tertarik datang? Kunjungi saja Danau Kaolin Belitung ini di Jalan Murai, Desa Air Raya, Kecamatan Tanjung Pandan, Belitung.

4. Museum Tanjung Pandan

foto #3 http://yundahamasah.blogspot.co.id
http://yundahamasah.blogspot.co.id

Pulau Belitung yang memiliki riwayat masa lalu yang panjang akan sangat menarik untuk dipelajari. Nah bila Anda ingin mempelajari kisah sejarah dari Pulau Belitung ini bisa mendatangi Museum Tanjung Pandan yang berada di Jalan Melati No. 41A, Kota Tanjungpandan. Di sini kita akan bisa mendapatkan banyak informasi dan wawasan yang bermanfaat. Di museum yang dulunya bernama Museum Geologi ini kita bisa mendapati beberapa koleksi. Beberapa koleksi di Museum Tanjung Pandan antara lain gerabah yang asal Thailand, keramik tua Tiongkok berbagai wujud dan ornamen, aneka batuan dan biji logam dan lain sebagainya. Ruang pameran yang paling menarik di sini yaitu replika kapal karam yang membawa harta benda. Dari kapal karam ini kita juga bisa mendapati kisah pencarian harta karun yang merupakan cerita menarik yang bisa kita dengar. Saat berkunjung ke Museum Tanjung Pandan ini Anda memang diharuskan datang bersama pemandu (guide). Sebab bila datang sendirian maka Anda akan binggung dengan koleksi-koleksi yang ada. Selain mempelajari sejarah Pulau Belitung di Museum Tanjung Pandan Anda juga bisa menyaksikan beberapa hewan seperti Ikan Arapaima, buaya dan lainnya di kebun binatang mini. Di area belakang museum, kita juga bisa mendapati taman bermain anak (playground).

5. Rumah Adat Belitung

foto #4 http://www.rumahbelitong.com
http://www.rumahbelitong.com

Terakhir, wisata sekitar Kota Tanjung Pandan yang bisa Anda kunjungi adalah Rumah Adat Panggung. Rumah Adat Belitung yang disebut Rumah Panggong atau Rumah Gede ini memang sangat menarik untuk disaksikan. Hal ini karena Rumah Panggong ini merupakan rumah adat yang khas dari masyarakat Belitung. Rumah adat yang didirikan Pemerintah Daerah setempat ini dibangun dengan tujuan agar masyarakat mengenal rumah adat Belitung yang sudah semakin langka. Rumah Adat Belitung yang ada di Jl. Ahmad Yani, Tanjung Pandan atau tepatnya di samping Kantor Bupati Belitung ini sendiri merupakan rumah Panggong untuk seorang bangsawan. Rumah Panggong yang didirikan tahun 2004 tersebut memang berbeda dengan rumah panggong biasa. Hal ini karena rumah panggong diresmikan tahun 2009 itu memiliki ruang yang lebih besar dengan lima ruangan. Sementara untuk rumah panggong untuk rakyat biasa cuma mempunyai empat ruangan saja.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar

  • belitung comment
    Diana
    13 May 2018

    Tetap berkarya untuk memperomosikan potensi wisata Belitung, semoga sukses selalu.