6 Spot Snorkeling Terbaik di Belitung yang Perlu Anda Kunjungi

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #205
 
 Asep Irwan Gunawan  30/11/2019
Location: Belitung VIEW 17776 LIKE 256

Snorkeling merupakan salah satu kegiatan atau aktivitas yang banyak dilakukan wisatawan ketika berkunjung ke destinasi perairan laut atau di darat. Bila perairan tersebut menyuguhkan air yang jernih hingga terlihat jelas pemandangan yang ada di bawah, maka memang akan seru dan menyenangkan bila kemudian dilakukan aktivitas snorkeling. Snorkeling yang merupakan kegiatan menerawang atau melihat panorama bawah air yang indah sambil berenang ini memang begitu mengesankan bila dilakukan di tempat yang tepat yakni di perairan yang jernih. Apalagi bila kemudian didukung dengan panorama bawah air yang elok, maka akan semakin spesial pula apa yang bisa dirasakan. Di Belitung sendiri yang dikeliling banyak pantai, juga memiliki beberapa tempat atau spot snorkeling yang patut untuk ditelusuri. Nah berikut ini adalah beberapa spot snorkeling terbaik yang ada di Negeri Laskar Pelangi tersebut.

1. Perairan Pulau Kepayang

foto #0 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Spot terbaik pertama untuk melakukan snorkeling di Belitung adalah di perairan Pulau Kepayang. Pulau terbesar dari gugusan pulau-pulau di Utara perairan Belitung ini memang sangat menarik untuk Anda yang ingin melakukan snorkeling. Pasalnya di sini Anda akan mendapati perairan yang jernih dan juga panorama bawah air yang indah. Selain karang, biota laut seperti ikan dan lainnya, juga akan bisa Anda jumpai saat snorkeling. Belum lagi dengan dukungan ombak yang tidak besar, pastinya akan membuat kegiatan snorkeling Anda semakin maksimal. Bahkan Pulau Kepayang ini sebenarnya juga merupakan spot diving terbaik di Belitung. Hal ini terlihat dari adanya dive shop yaitu tempat penjualan dan penyewaan beberapa peralatan untuk diving kepada para wisatawan yang ingin melakukannya. Hal menarik lain yang bisa didapati di pulau yang juga disebut Pulau Babi adalah adanya fasilitas wisata yang begitu lengkap. Beberapa fasilitas wisata yang bisa kita nikmati di Pulau Kepayang ini adalah musholla, rumah makan, toilet, kamar mandi, wahan outbond, serta penginapan. Di sini Anda juga bisa melihat pelestarian penyu dan batu karang yang dilakukan oleh Kelompok Peduli Lingkungan Belitung (KPLB). Perairan pulau yang berada di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk ini juga akan membuat Anda terpana karena pemandangannya yang indah dengan bebatuan granit serta pasir pantainya yang berwarna putih.

2. Sisi Kanan Pulau Lengkuas

foto #1 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Tidak jauh dari Pulau Kepayang, Anda juga bisa mendapati spot snokeling terbaik lain di Belitung yakni Pulau Lengkuas. Pulau ini bisa ditempuh dengan menggunakan perahu selama 30-45 menit dari Tanjung Binga atau Tanjung kelayang. Ciri khas dari Pulau Lengkuas ini adalah adanya mercusuar kuno setinggi 62 meter yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Tapi tidak hanya itu pulau yang masih berada di Kecamatan Sijuk ini juga dikenal sebagai spot snorkeling dan diving terbaik di Belitung. Dengan perairan yang jernih dan dukungan bioata laut yang beragam, membuat Pulau Lengkuas memang sangat tepat untuk tempat melakukan snorkeling atau diving. Tapi untuk melakukan kegiatan ini Anda harus menyediakan sendiri peralatannya, karena di sini tidak seperti di Pulau Kepayang yang memiliki dive shop. Spot snorkeling dan diving dari Pulau Lengkuas sendiri berada di sisi perairan kanan pulau.

3. Perairan Pulau Batu Garuda

foto #2 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Berikutnya, spot snorkeling terbaik di Belitung bisa Anda dapati di Pulau Batu Garuda. Pulau yang juga disebut Pulau Burung ini memang memiliki semua hal yang dibutuhkan untuk melakukan snorkeling dan diving dengan maksimal. Selain perairannya yang jernih, di perairan Pulau Batu Garuda ini juga memiliki pemandangan bawah air yang indah dan mempesona. Pulau tak berpenghuni ini juga memiliki keistimewaan lainnya yakni adanya susunan batuan granit yang membentuk kepala burung Garuda. Dari sinilah kemudian pulau yang berada tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang ini disebut Pulau Batu Garuda. Dari sajian batuan granit yang membentuk kepala Burung Garuda inilah maka sembari melakukan snorkeling, Anda juga bisa ber-swafoto untuk mendapatkan gambar instagramable.

4. Perairan Pulau Batu Berlayar

foto #3 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Pulau tak berpenghuni lain yang menghadirkan spot snorkeling terbaik di Belitung yakni Pulau Batu Berlayar. Pulau yang unik dengan adanya batuan granit berbentuk seperti layar kapal yang terbentang ini memang akan sangat tepat untuk Anda melakukan snorkeling. Pasalnya di sini Anda akan mendapati perairan yang bening dan juga beberapa biota laut serta karang yang mewujudkan panorama bawah laut yang indah. Selain batu granit berbentuk layar kapal, di sini kita juga bisa mendapati beberapa batuan granit yang unik seperti batu granit berbentuk sirip dan gigi ikan hiu. Tanpa adanya penghuni di sini maka Anda akan bisa melakukan snorkeling dengan tenang dan nyaman. Namun karena tidak ada penghuninya, maka Anda harus menyiapkan sendiri peralatan snorkeling dari tempat pemberangkatan.

5. Perairan Pantai Tanjung Tinggi

foto #4 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Selanjutnya, spot snorkeling terbaik di Belitung yang bisa Anda datangi adalah Pantai Tanjung Tinggi. Pantai yang memiliki luas sekitar 80 hektar ini memang memiliki banyak sajian yang dapat membuat kegiatan snorkeling menjadi lebih optimal. Sebut saja seperti perairan yang jernih, keindahan pemandangan bawah laut serta biota yang bervariasi dan beragam. Dengan beberapa hal tadi pastinya Anda akan bisa merasakan kepuasan saat melakukan snorkeling. Di pantai yang sudah terkenal ini, Anda juga bisa mendapati sajian paling istimewa yakni bebatuan granit dengan berbagai ukuran yang tersebar di area pantai. Menurut catatan, bebatuan granit di Pantai Tanjung Tinggi adalah yang terbanyak dari pantai-pantai lain di Belitung. Hal menarik lain yang bisa didapati dari pantai yang berada di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung ini adalah fasilitasnya yang lengkap. Dengan populernya Pantai Tanjung Tinggi sebagai destinasi wisata di Belitung memang menjadikan pantai ini memiliki banyak fasilitas. Apalagi sejak pantai ini digunakan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi, membuat pantai yang akhirnya juga disebut Pantai Laskar Pelangi tersebut makin ramai wisatawan dan mempunyai beragam fasilitas.

6. Perairan Pulau Pasir

foto #5 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Terakhir, tempat yang menghadirkan spot snorkeling terbaik di Belitung yakni Pulau Pasir. Pulau yang bisa muncul dan tenggelam ini memang juga sering didatangi wisatawan karena keunikannya tersebut. Muncul dan tenggelamnya Pulau Pasir ini sendiri dikarenakan tempat ini merupakan gusong yang keberadaannya terpengaruh oleh debit air laut. Saat air laut pasang, maka Pulau Pasir ini pun akan lenyap dan tidak bisa didatangi. Meski demikian bila Anda mampu mendapati dan mendatangi pulau ini, maka disaat itu Anda akan bisa melakukan snorkeling dengan mumpuni. Ini karena di sekitaran Pulau Pasir ini ada perairan yang sangat jernih serta pemandangan bawah laut yang luar biasa indah. Dari beberapa sajian dan dukungan itulah maka Anda pun akan bisa melakukan kegiatan snorkeling dengan sangat optimal di perairan Pulau Pasir ini. Jangan lupakan juga pasir putih yang bersih, halus dan eksotis yang bisa Anda dapati di Pulau Pasir ini.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar