Cantiknya Danau Kaolin Belitung

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #146
 
   21/09/2017
Location: VIEW 6984 LIKE 847
Salah satu kebiasaan orang Indonesia saat ini adalah selfie. Kegiatan memfoto diri sendiri ini tidak hanya dilakukan saat berlibur. Lebih dari itu hampir setiap moment selalu diiringi dengan kebiasaan swafoto. Nah untuk kalian yang hobi selfie ataupun fotografi secara umum, yuk luangkan waktu untuk mengunjungi Danau Kaolin di Belitung.

Sejarah Kelam di Balik Cantiknya Danau Kaolin



Bandung terkenal dengan kawah putihnya. Belitung pun tidak mau kalah, karena kalian bisa menemukan danau cantik bernama Danau Kaolin di pulau yang terkenal dengan keindahan pantainya ini. Beberapa dari anda mungkin ada yang sedikit bingung dengan danau yang satu ini, mengingat selain Danau Kaolin di Belitung masih ada lagi Danau Biru di Bangka. Tapi kali ini kita khusus akan mengulas mengenai Danau Kaolin cantik yang ada di Belitung ya.

Meskipun cantik, faktanya danau ini merupakan kawasan bekas galian tambang mineral kaolin. Kaolin atau biasa kita kenal dengan clay adalah salah satu kekayaan alam dari Belitung. Hasil tambang kaolin ini pada akhirnya akan dikirim ke luar Pulau Belitung untuk digunakan sebagai bahan baku di pabrik cat dan kosmetik.

Kenyataan bahwa tambang kaolin ini merupakan lahan pekerjaan untuk masyarakat Belitung, namun tetap saja kerusakan yang terjadi akibat pertambangan ini tidak bisa dihindari. Belitung tidak hanya ada tambang kaolin tapi juga tambang timah. Dua sektor pertambangan ini membuat lingkungan semakin rusak.

Dari waktu ke waktu bekas galian tambang ini akhirnya menjadi danau kaolin yang begitu cantik dan menggoda untuk dikunjungi.

Di Mana Letak Danau Kaolin?



Danau Kaolin terletak di Desa Air Raya Tanjung Pandan, Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Dari Kota Tanjung Pandan, tepatnya dari bandara, anda hanya perlu waktu 10 menit saja untuk bisa samai ke danau ini.

Lokasi yang tidak jauh dari bandara membuat Danau Kaolin menjadi destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan lho. Bahkan hampir setiap tour travel di Belitung memasukkan Danau Kaolin sebagai daftar obyek wisata yang dikunjungi.


Keseruan di Danau Kaolin



Mayoritas wisatawan yang berkunjung ke Danau Kaolin memang untuk memburu foto lanskap danau yang begitu indah. Anda tentu tidak boleh kalah cepat bukan? Percayalah, saat menginjakkan kaki di danau cantik ini, Anda akan terpesona dengan warna biru-putih yang begitu cantik. Sekilas pemandangan di Danau Kaolin ini terlihat seperti Kawah Ciwideuy di Jawa Barat.

Kabar baiknya, anda tidak akan mencium bau belerang di danau cantik ini. Jadi kegiatan bersantai dan berfoto-foto ria tidak akan terusik sama sekali. Mengingat tempat ini adalah area bekas tambang tentu tanah di sekitar danau terlihat gersang dan tandus. Tapi kondisi ini faktanya membuat Danau Kaolin terlihat lebih cantik.

Saat lanskap Danau Kaolin tertangkap di lensa kamera Anda, ini akan terlihat seperti sebuah oase di tengah gurun yang tandus. Kontras warna putih tanah dan bebatuan di sekitar danau serta warna biru-putih (tosca) dari air Danau Kaolin benar-benar memanjakan mata serta kamera Anda lho. Hamparan tanah bekas galian di Danau Kaolin ini secara sekilas, jika dilihat dari jauh nampak seperti punggung seekor ulas besar.

Secara keseluruhan, Danau Kaolin begitu instagramable dan berhak mendapat predikat sebagai salah satu spot foto terbaik di Pulau Belitung.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar