Gangan Belitung Menggugah Selera Anda Saat Traveling di Negeri Laskar Pelangi

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #140
 
   5/04/2016
Location: VIEW 5579 LIKE 1205
BELITUNG mempunyai panorama indah berupa hamparan pasir putih di pantai yang terkombinasi dengan batu granit berukuran besar. Namun keistimewaan Belitung sebagai destinasi wisata tak hanya cukup sampai disitu saja.



Selain berpanorama indah, pulau penghasil timah ini juga mempunyai makanan khas yang istimewa. Sebagai daerah kepulauan, citarasa kuliner Belitung sangat dipengaruhi kondisi alamnya.



Yah, bisa ditebak, seafood menjadi kuliner khas di Pulau Belitung. Diantara sederet kuliner di Belitung, gangan menjadi salah satu masakan yang patut dicoba para wisatawan saat berkunjung. Belum ke Belitung kalau belum mencicipi gangan!



Kuliner khas Belitung ini memiliki cita rasa yang unik, karena masakan ini menggunakan nanas yang menghasilkan rasa asam khas. Gangan sendiri merupakan nama olahan dari bumbu masakan tersebut.



Gangan sendiri terdiri dari banyak jenis, diantaranya gangan laut dengan bahan utama ikan laut dan gangan darat dengan ikan danau, hingga gangan kepiting atau bahkan daging. Ini merupakan kuliner favorit bagi masyarakat Belitung.



Hampir diberbagai destinasi wisata tersedia kuliner ini, bahkan di hotel berbintang juga menyediakannya sebagai menu utama. Tak hanya di Kabupaten Belitung, di Belitung Timur juga demikian.



Salah satu yang sangat dianjurkan adalah gangan katarap, disebut demikian karena berbahan dasar ikan katarap segar. Bagian kepala ikan merupakan santapan bagi para pecinta kuliner sejati.



Masakan ini menggunakan bahan rempah seperti kunyit, bawang merah, bawah putih serta kemiri. Dipadu dengan ikan katarap yang memiliki tekstur kulit yang keras, mengharuskan teknik memasak berbeda dengan ikan lainnya.



Gangan memiliki cita rasa asam manis khas masakan Belitung, tapi tidak menggunakan asam jawa. Rasa asam tersebut didapat dari nanas yang tumbuh di Belitung. Untuk memperoleh rasa terbaik, gangan dihidangkan selagi panas.



Sebelum diolah dengan bumbu agar menjadi gangan, ada baiknya ikan diproses terlebih dahulu. Yakni dengan merebusnya menggunakan api kecil. Bawang merah, bawah putih, dan kemiri, diulek tradisional agar sarinya lebih terasa.



Rasanya tentu tak perlu ditanya lagi, coba saja saat Anda mengunjungi Negeri Laskar Pelangi. Salah satu tempat yang menyediakan kuliner gangan adalah Kampong Dedaun di Desa Tanjungtinggi, Sijuk. Nikmati dengan suasana pantai Belitung dengan hamparan pasir putih. (*)

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar