Pulau pulau di Sekitaran Tanjung Kelayang yang Patut Ditelusuri

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #172
 
 Asep Irwan Gunawan  20/07/2018
Location: Belitung VIEW 7027 LIKE 274

Sebagai salah satu tujuan destinasi favorit dan paling diminati wisatawan, Tanjung Kelayang di Belitung memang selalu ramai pengunjung. Dengan keindahan panorama pantai yang berpadu pasir putih dan bebatuan granit, Tanjung Kelayang memang selalu membius siapa pun yang datang. Tapi sebenarnya di sekitaran Tanjung Kelayang sendiri ada beberapa pulau eksotik yang sayang untuk dilewatkan. Jadi bila Anda punya waktu lebih lama saat berada di Tanjung Kelayang, maka menelusuri beberapa pulau eksotik ini akan semakin membuat liburan lebih mengesankan. Nah berikut beberapa pulau eksotik yang ada di sekitaran Tanjung Kelayang yang memang menarik dan patut untuk ditelusuri.

1. Pulau Batu Garuda

foto #0 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Pertama, pulau eksotik di sekitaran Tanjung Kelayang yang patut ditelusuri adalah Pulau Batu Garuda. Sesuai dengan namanya maka di sini kita akan menjumpai sebuah batu granit yang menyerupai bentuk kepala burung garuda. Suguhan batu granit unik yang terbentuk secara alami ini memang merupakan daya tarik Pulau Batu Garuda. Dari sajian tersebut kemudian banyak orang yang penasaran ingin melihat dan mengabadikan keunikannya dengan kamera. Namun Pulau Batu Garuda tidak hanya menghadirkan batuan granit saja, tapi di sini kita juga bisa mendapati perairan sekitar pulau yang bersih dan jernih. Tidak hanya bermain air, di Pulau Batu Garuda Anda juga bisa berenang dengan leluasa karena ombaknya yang tidak terlalu besar. Dengan pasir putih yang eksotik juga akan membuat Anda bisa menjelajahi pulau dengan lebih seru dan menyenangkan. Meski tak terlalu luas yakni hanya 50 meter persegi, namun dengan keindahan yang dihadirkan pasti akan membuat Anda betah berlama-lama di Pulau Batu Garuda. Pulau yang berada tepat di lepas Pantai Tanjung Kelayang ini sendiri sangat mudah dan cepat dicapai dengan perahu nelayan sekalipun. Jadi Anda tak perlu ragu untuk mendatangi Pulau Batu Garuda yang akan membuat liburan Anda jadi lebih berkesan.

2. Pulau Lengkuas

foto #1 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Selain Pulau Batu Garuda, ada juga Pulau Lengkuas yang lokasinya tidak jauh dari Tanjung Kelayang. Bahkan begitu dekatnya, kita bisa mendatangi pulau ini melalui ‘jembatan pasir’ saat air laut surut dengan berjalan kaki. Tapi bila air laut sedang pasang maka mau tak mau Anda harus naik perahu. Berada di Pulau Lengkuas kita bisa menjumpai sebuah mercusuar peninggalan Belanda yang dibangun tahun 1882. Nama Pulau Lengkuas ini sendiri berasal dari sebuah plesetan dari kata “lighhouse” yang merupakan nama mercusuar dalam bahasa Belanda. Jadi jangan mengira nama Lengkuas ini dikarenakan di sini ada banyak tanaman lengkuas ya. Nah karena ada bangunan mercusuar dengan tinggi 62 meter, maka Anda di Pulau Lengkuas ini bisa naik hingga ke puncak. Sesampainya di puncak mercusuar Anda akan bisa menikmati pemandangan dari Tanjung Kelayang dan sekitarnya yang indah dan mempesona.

3. Pulau Batu Berlayar

foto #2 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Berada di sebelah Barat Tanjung Kelayang, kita juga akan bisa mendapati sebuah pulau eksotik bernama Pulau Batu Berlayar. Pulau yang satu ini juga tak kalah menariknya dengan pulau-pulau sebelumnya yang telah dibahas. Pasalnya di Pulau Batu Berlayar ini kita bisa mendapati dua batu granit yang berbentuk atau berwujud seperti kapal yang membentangkan layar. Sebenarnya ada lagi beberapa batuan granit lain yang bisa kita jumpai di sini, seperti ada yang berbentuk mirip gigi dan sirip ikan hiu. Namun dua batu granit yang unik inilah yang memang sangat terlihat paling menonjol dan paling menarik dari lainnya. Ini karena selain bentuknya, dua batuan granit ini juga memiliki ukuran paling besar. Ketinggian dua batu granit yang berbentuk kapal yang sedang membentangkan layar ini sendiri mencapai 10 meter. Selain batuan granit unik, di Pulau Batu Berlayar ini kita juga bisa mendapati perairan yang jernih serta pasir pantai yang putih dan bersih. Tidak hanya itu, bagi Anda yang ingin bersantai maka di pulau yang bisa dikunjungi saat air laut surut ini, kegiatan rileksasi Anda akan optimal. Hal ini karena Pulau Batu Berlayar merupakan pulau tak berpenghuni sehingga sangat menenangkan.

4. Pulau Pasir

foto #3 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Disebut Pulau Pasir karena memang pulau ini hanya terdiri dari pasir yang berwarna putih saja. Pulau yang juga disebut gusong ini sendiri hanya muncul dan bisa didatangi ketika air laut benar-benar surut. Namun saat air laut pasang maka Pulau Pasir ini akan hilang dan lenyap ditenggelamkan air. Karena hanya muncul saat air laut surut maka Pulau Pasir ini juga ada yang menyebut pulau gaib. Meski hanya berupa pasir putih saja, namun di sini Anda akan mendapatkan banyak hal menarik. Hal menarik pertama tentu saja adalah pasir putih yang sangat halus dan lembut. Selain pasir putih yang eksotik, di Pulau pasir ini kita juga bisa mendapati bintang laut yang lucu. Jangan lupakan juga air laut yang jernih di sini yang dapat membuat Anda bisa berenang dengan seru dan menyenangkan. Dengan segala sajian menarik yang ada di Pulau Pasir ini tak jarang banyak biro perjalanan yang memasukkannya sebagai tujuan dalam island hopping di perairan Belitung.

5. Pulau Kepayang

foto #4 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Terakhir, pulau eksotik di sekitaran Tanjung Kelayang yang patut untuk didatangi dan ditelusuri adalah Pulau Kepayang. Tak seperti pulau-pulau sebelumnya yang sepi, di Pulau Kepayang atau juga ada yang menyebut Pulau Babi ini Anda akan mendapati banyak orang. Banyaknya orang di Pulau Kepayang ini dikarenakan di sini banyak fasilitas yang bisa didapati. Bisa dikatakan Pulau Kepayang ini adalah tempat wisata yang sudah ramai. Beberapa fasilitas yang bisa kita dapati dan nikmati di Pulau Kepayang ini adalah musholla, rumah makan, kamar mandi, toilet, penginapan dan juga dive shop yang merupakan tempat penjualan dan penyewaan peralatan menyelam. Tidak hanya fasilitas saja yang bisa kita nikmati di Pulau Kepayang. Sebab di sini kita juga bisa melihat tempat penangkaran atau konservasi penyu dan pelestarian batu karang. Untuk masuk ke tempat konservasi yang dikelola oleh Kelompok Peduli Lingkungan Belitung (KPLB) ini, kita hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang saja. Sama seperti pulau-pulau lainnya, di Pulau Kepayang kita juga bisa mendapati perairan yang jenih, pasir putih dan juga beberapa batuan granit yang eksotik. Pulau yang bisa ditempuh selama sekitar 15 menit dari Tanjung Kelayang ini sediri sebenarnya terdiri dari dua daratan yakni Pulau Kepayang Besar dan Pulau Kepayang Kecil. Namun karena saling berdekatan maka kedua pulau tersebut hampir terlihat seperti satu daratan. Menariknya lagi untuk masuk Pulau Kepayang ini Anda tidak dikenakan biaya masuk. Namun memang bila Anda menggunakan beberapa fasilitas yang ada di sini maka Anda harus bersiap untuk mengeluarkan dana.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar