Punya Waktu Banyak? Kunjungi Saja 4 Pulau di Belitung Ini

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #157
 
 Asep Irwan Gunawan  18/01/2018
Location: Pulau Belitung VIEW 6655 LIKE 543

Berlibur ke Pulau Belitung memang menyenangkan. Hal ini karena Belitung punya banyak sajian wisata untuk kita nikmati. Bahkan begitu banyaknya destinasi yang bisa kita kunjungi di sini membuat Anda membutuhkan waktu yang lama untuk mengeksplorasinya. Nah untuk Anda yang memang punya banyak waktu saat berada di Belitung maka beberapa pulau eksotik berikut ini akan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi agenda kegiatan liburan.

1. Pulau Ayam

foto #0 https://www.tourbelitung.co.id
https://www.tourbelitung.co.id

Pulau menarik pertama yang bisa Anda datangi untuk mengisi liburan di Belitung adalah Pulau Ayam. Pulau yang berada di Desa Batu Penyu Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur akan membuat Anda terpukau. Hal ini karena Pulau Ayam memiliki sajian alam yang masih sangat alami dan lestari. Karena belum banyak terjamah oleh manusia maka Pulau Ayam mampu menghadirkan suguhan air laut yang jernih, pasir putih yang bersih dan halus serta pepohonan kelapa yang rindang. Dengan ombak yang tidak terlalu besar maka Anda di sini bisa berenang dengan leluasa. Selain bersantai, berenang dan bermain pasir putih, di pulau yang dulunya banyak terdapat ayam ini membuat Anda bisa melakukan eksplorasi dengan optimal. Hal ini disebabkan pulau ini memiliki luas yang terbilang besar yakni sekitar 1,5 hektar. Menariknya lagi posisi pulau yang sedikit mengarah ke luar menuju laut Cina Selatan membuat pemandangan sunrise dan sunset terlihat begitu sempurna tanpa terhalang apapun. Untuk sampai ke Pulau Ayam ini Anda bisa melakukan penyeberangan dengan kapal atau perahu dari Dermaga Pelabuhan Pasar Ikan (PPI) Gantung. Waktu perjalanan dari Dermaga Pelabuhan Pasar Ikan (PPI) Gantung ke Pulau Ayam ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

2. Pulau Buku Limau

foto #1 http://sumawijaya-pandu.blogspot.co.id
http://sumawijaya-pandu.blogspot.co.id

Dengan adanya air laut yang jernih dan terumbu karang yang terjaga baik, di Pulau Buku Limau ini Anda bisa melakukan kegiatan underwater dengan memuaskan. Aktivitas underwater berupa snorkeling dan diving memang menjadi kegiatan favorit para wisatawan yang datang ke sini. Saat melakukan diving dan snorkeling di Pulau Buku Limau ini Anda juga bisa mendapati gerombolan ikan yang berwarna-warni di waktu kapan pun. Tidak hanya melakukan kegiatan bahari, di pulau seluas 87,75 hektar ini Anda juga bisa menyaksikan aktivitas para nelayan mencari dan mengolah hasil laut. Satu aktivitas menarik yang bisa kita saksikan di sini yaitu teknik pengasinan ikan asin. Teknik pengasinan ikan asin yang ada di Pulau Buku Limau ini memang sangat menarik karena dilakukan tanpa menggunakan bahan pengawet. Populernya pengasinan ikan asin di sini bahkan membuat Pulau Buku Limau sekarang menjadi sentra ikan asin yang ternama di Belitung Timur. Pulau Buku Limau yang berada di Desa Buku Limau, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur sendiri bisa kita datangi dengan menggunakan kapal perahu motor dari Pelabuhan ASDP Sungai Manggar selama 45 menit.

3. Pulau Kelayang

foto #2 http://www.belitungbackpacker.co.id/
http://www.belitungbackpacker.co.id/

Pulau yang berada di depan Pantai Tanjung Kelayang ini juga menjadi salah satu pulau menarik untuk bisa Anda kunjungi. Hanya dengan menyeberang selama 10 hingga 20 menit dari Pantai Tanjung Kelayang sudah membuat Anda bisa menikmati wisata Pulau Kelayang. Di Pulau Kelayang sendiri Anda bisa mendapati sajian spesial yang tak terdapat di tempat lain. Sajian istimewa yang ada di Pulau Kelayang ini yakni adanya susunan bebatuan granit yang menyerupai kepala burung garuda dengan paruhnya. Batuan granit dengan bentuk kepala garuda ini sendiri bukan dibentuk oleh manusia, tapi terbentuk secara alami. Dari adanya bebatuan granit dengan bentuk yang unik ini maka Anda bisa melakukan kegiatan fotografi yang menghasilkan gambar yang keren. Selain itu di pulau yang disebut juga Pulau Batu Garuda ini Anda juga bisa mendapati sajian air laut yang jernih dan pasir putih yang bersih. Menelusuri Pulau Kelayang juga akan membuat Anda menjumpai sebuah telaga bidadari dan juga goa alam yang terbentuk dari tumpukan batuan granit. Saat malam hari di Pulau Kelayang ini Anda juga akan bisa mendapati suguhan kerlap kerlip cahaya lampu yang berwarna-warni yang sengaja difasilitasi Pemerintah Daerah Belitung.

4. Pulau Keran

foto #3 http://disbudpar.belitungtimurkab.go.id
http://disbudpar.belitungtimurkab.go.id

Berada di Desa Buding, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, Anda bisa mendapati Pulau Keran yang tak kalah eksotisnya dengan pulau-pulau lainnya. Keeksotisan Pulau Keran ini bisa kita lihat dari airnya yang begitu jernih dan juga pair putih yang bersih. Tak hanya berenang, tapi dengan keberadaan terumbu karang yang terjaga baik membuat Anda pun bisa melakukan kegiatan underwater seperti snorkeling dan diving dengan maksimal. Saat melakukan diving di sini Anda juga bisa mendapati pemandangan kapal kuno abad ke-6 hingga abad ke-18 yang terkubur di bawah laut. Karena banyaknya ikan yang ada di sini membuat di Pulau Keran ini ada beberapa spot memancing yang bisa Anda manfaatkan untuk Anda yang hobi memancing. Sajian menarik lain yang bisa kita dapati di sini yakni adanya bukit batu besi yang bisa dinaiki untuk melihat pemandangan dari ketinggian. Suguhan menarik lain yang bisa kita jumpai di sini yakni adanya budidaya kerang mutiara dari penduduk setempat. Untuk sampai ke Pulau Keran ini Anda bisa memulai penyeberangan dengan perahu di Dermaga Sungai Buding selama 45 hingga 1 jam.

5. Pulau Pandan

foto #4 https://id.pinterest.com
https://id.pinterest.com

Terakhir, pulau yang bisa Anda jadikan tujuan berlibur di Pulau Belitung adalah Pulau Pandan. Pulau yang satu ini bukan sembarang pulau. Sebab di pulau ini Anda bisa mendapati sebuah jejak misteri dari peninggalan bajak laut (lanun). Dalam riwayatnya, pulau yang berada di Desa Tanjung Kelumpang, Kecamatan Dendang, Tanjung Kelumpang, Belitung Timur ini memang dulunya sering didatangi oleh bajak laut untuk beristirahat. Bukti bahwa Pulau Pandan ini sering dikunjungi bajak laut adalah adanya jangkar kapal dan tambang kapal yang sudah membatu. Selain itu keberadaan bajak laut di Pulau Pandan juga bisa kita lihat dari adanya bekas sepasang telapak kaki yang diduga jejak kaki bajak laut. Batuan granit yang unik lainnya yang bisa kita dapati di sini yakni batu dengan bentuk kepala ikan lumba-lumba yang ada di dasar laut. Untuk Anda yang ingin menghilangkan jenuh dan penat maka Pulau Pandan ini akan menjadi tempat yang tepat. Pasalnya Pulau Pandan memiliki suasanan yang tenang karena jauh dari keramaian. Dari keadaan inilah maka Anda akan bisa melakukan kegiatan bersantai dengan optimal. Satu hal yang unik dan langka yang juga bisa kita dapati di Pulau Pandan ini yaitu sebuah sumur di atas bebatuan granit. Sumur sedalam satu meter ini sendiri selalu berair dan tidak pernah kering meski musim kemarau tiba. Uniknya lagi walau dekat pantai, sumur di Pulau Pandan ini rasanya tawar dan tidak terpengaruh dengan air laut yang asin.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar