Tari Sepen, Tari Tradisional dari Belitung

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #225
 
 Asep Irwan Gunawan  28/03/2020
Location: Belitung VIEW 14506 LIKE 23

Tari sepen merupakan salah satu tari tradisional yang berasal dari Belitung. Tarian ini sangat menarik karena di dalam tarian ini ada unsur gerakan pencak silat. Dalam tarian ini kita juga bisa mendapati kentalnya budaya melayu. Kentalnya budaya melayu pada tarian tersebut bisa kita lihat dari beberapa hal seperti kostum, pengiring dan juga gerakannya. Lalu seperti apakah tarian yang sering ditampilkan pada acara penyambutan tamu besar yang berkunjung ke Belitung ini? Ikuti ulasan berikut.

Gerakan Tari Sepen

foto #0 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Melihat gerakan pada Tari Sepen ini kita bisa mendapati kelincahan pada tangan dan kaki para penarinya. Salah satu gerakan yang paling sering kita dapati dari Tari Sepen ini adalah gerakan tepuk tangan yang berjalan selaras dengan alunan musik pengiring. Selain gerakan yang lincah, hal menarik yang bisa kita saksikan dari tari sepen adalah formasi para penari yang rapi meskipun sering berpindah-pindah. Dari sini maka pada pertunjukan Tari Sepen kita bisa melihat gerakan-gerakan yang indah untuk disaksikan.

Pengiring Tari Sepen

foto #1 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Dalam pertunjukan Tari Sepen ini kita juga akan mendapati alunan musik dan lagu-lagu yang kental dengan budaya melayu. Bagaimana tidak, lagu untuk mengiringi Tari Sepen ini dipilih dari lagu-lagu khas masyarakat melayu Belitung. Sementara itu untuk alunan musiknya muncul dari alat musik tradisional melayu seperti gendang, rebana, biola, akordion dan lain-lain.

Kostum Penari Tari Sepen

foto #2 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Melihat kostum yang dikenakan para penarinya, kita juga bisa mendapati unsur budaya melayu yang kental. Dengan didominasi warna cerah, maka penonton yang melihatnya akan merasakan suasana dan nuansa kegembiraan. Untuk kostum penari wanita sendiri kita bisa mendapati beberapa hal seperti baju lengan panjang, celana panjang dan kain yang menutupi pinggang. Selain itu untuk menghiasi bagain kepala maka biasanya digunakan kerudung meski ada beberapa penari juga ada yang tidak menggunakannya.

Pertunjukan Tari Sepen

foto #3 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Dalam pertunjukannya, tari Sepen ini biasanya dilakukan oleh beberapa penari wanita secara berpasangan. Tapi tak jarang pula pada pertunjukan Tari Sepen lainnya ada penari pria yang melakukannya dengan berpasangan bersama penari wanita. Namun demikian siapapun penari yang tampil, Tari Sepen ini akan menghadirkan gerakan yang dinamis dan lincah sesuai alunan musik pengiring. Agar semakin menarik untuk disaksikan maka para penari Tari Sepen ini biasanya akan melakukan variasi gerakan. Meski melakukan variasi gerakan, tapi penari tidak akan menghilangkan gerakan aslinya.

Perkembangan Tari Sepen

foto #4

Tari Sepen ini memang berkembang begitu pesat. Bahkan begitu pesatnya perkembangan Tari Sepen sekarang membuat tarian ini telah menjadi salah satu tarian tradisional yang cukup populer di masyarakat Belitung pada khususnya dan masyarakat Bangka-Belitung pada umumnya. Tarian Sepen sendiri biasanya ditampilkan dalam festival kebudayaan atau juga pada penyambutan tamu besar dan para rombongan wisata yang berkunjung ke Belitung. Dari sinilah maka ada yang menyebut Tari Sepen sebagai tarian selamat datang. Tari Sepen sendiri dalam perkembangannya memang bukan hanya ditujukan sebagai tarian hiburan saja, tapi tarian ini juga berguna untuk memperkenalkan seni budaya di Bangka Belitung.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar

  • belitung comment
    Rena
    5 Nov 2020

    Bagus, bermanfaat..... Tolong ya!!!