Wisata di Kecamatan Sijuk Ini Akan Melengkapi Liburan Anda di Belitung

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #169
 
 Asep Irwan Gunawan  27/06/2018
Location: Belitung VIEW 7158 LIKE 507

Berada di Belitung, ada sebuah daerah bernama Sijuk yang bisa dikunjungi. Di kecamatan yang terdiri dari 9 kelurahan ini sendiri kita bisa menikmati wisata dengan lebih puas. Pasalnya di wilayah yang berada di Utara Belitung ini banyak potensi wisata yang bisa kita eksplorasi. Selain wisata pantai yang cantik dan indah, di Kecamatan Sijuk ini kita juga bisa menikmati ragam wisata lain. Nah berikut ini beberapa wisata di Kecamatan Sijuk yang akan melengkapi wisata Anda di Belitung.

1. Pantai Tanjung Tinggi

foto #0 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Pertama, wisata di Kecamatan Sijuk yang akan melengkapi liburan di Belitung adalah Pantai Tanjung Tinggi. Destinasi yang satu ini bukan lagi sesuatu yang asing di Belitung. Pasalnya Pantai Tanjung Tinggi sudah memiliki nama yang sangat populer baik itu di Belitung dan juga di Provinsi Bangka-Belitung. Kepopuleran pantai ini sendiri dikarenakan adanya sajian pemandangan alam indah yang terdiri dari pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Bahkan kejernihan air di Pantai Tanjung Tinggi ini merupakan yang terjernih dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Dari kejernihan air di Pantai Tanjung Tinggi tersebut maka Anda bisa berenang dengan leluasa dan puas. Saat berenang, Anda hanya perlu mewaspadai serangan ubur-ubur yang terkadang datang. Sajian lain di pantai yang pernah dijadikan tempat syuting film “Laskar Pelangi” dan “Sang Pemimpi” ini adalah sunset yang elok saat sore hari. Dan satu lagi sajian di Pantai Tanjung Tinggi yang merupakan sajian utama dan paling menawan adalah adanya bebatuan granit dengan beragam ukuran, termasuk yang besar atau berukuran raksasa sebesar rumah. Bebatuan granit yang ada di Pantai Tanjung Tinggi sendiri terbilang paling banyak jumlahnya dibanding di pantai lain di Belitung. Dengan ragam suguhan menarik tersebut tentu menjadikan pantai yang berjarak 31 km ke arah Utara dari Kota Tanjung Pandan ini akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

2. Pantai Tanjung Kelayang

foto #1 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Pantai yang tak kalah populernya dari Pantai Tanjung Tinggi di Belitung adalah Pantai Tanjung Kelayang. Pantai ini dinamakan Tanjung Kelayang karena berada di sebuah semenanjung dan terdapat batuan granit yang berwujud mirip seperti burung Kelayang, salah satu jenis burung yang banyak dijumpai di daerah ini. Pantai yang juga dijadikan lokasi syuting film “Laskar Pelangi” ini juga memiliki suguhan yang indah seperti bebatuan granit yang eksotik, pasir putih yang bersih dan juga air laut yang jernih. Di pantai yang memiliki luas 324,4 hektar ini kita juga bisa menyaksikan pemandangan Pulau Batu Garuda dari sebuah jembatan yang memang berada tidak terlalu jauh dari Pantai Tanjung Kelayang. Karena begitu indah dan besarnya potensi Pantai Tanjung Kelayang, maka pada tahun 2011 pemerintah melalui Kementerian Pariwisata kemudian menetapkan pantai ini sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Tidak hanya menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), namun pesona Pantai Tanjung Kelayang membuat tempat ini kemudian ditetapkan sebagai lokasi Sail Wakatobi Belitong.

3. Bukit Berahu

foto #2 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Tidak hanya wisata pantai saja yang bisa Anda nikmati di Kecamatan Sijuk. Tapi di sini Anda juga dapat menikmati jenis wisata lain yakni Bukit Berahu. Wisata yang berada di Desa Tanjung Binga ini akan membuat liburan Anda akan memuaskan. Pasalnya Bukit Berahu menghadirkan wisata yang komplit dengan beragam suguhan untuk dinikmati. Jadi di sini Anda tidak hanya bisa pemandangan indah dari ketinggian yang merupakan sajian khas dari wisata perbukitan. Namun di Bukit Berahu Anda akan dapat melakukan beragam hal menarik lainnya. Beberapa aktivitas di wisata Bukit Berahu yang bisa Anda lakukan yakni eksplorasi dan trekking dari puncak bukit ke bawah. Saat trekking ke bawah akan ada beberapa spot menarik yang bisa dapati seperti hotel di atas bukit, kolam renang dan taman cantik di tengah bukit serta pantai di bagian bawah bukit. Berada di tengah bukit sendiri Anda akan bisa menikmati pemandangan taman dan kolam renang yang indah serta dilengkapi gazebo untuk beristirahat. Sementara itu dibagian bawah bukit yang terdapat pantai maka Anda akan bisa berenang dan juga menikmati panorama pantai dengan maksimal. Pasalnya di Pantai Bukit Berahu ini ada banyak suguhan menarik seperti pasir putih yang bersih, deretan rumah panggung, kapal-kapal nelayan Kampung Bugis, serta view pulau karang kecil yang dipenuhi pepohonan.

4. Pantai Mabai

foto #3 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Jika Anda ingin menikmati suasana pantai yang lebih tenang maka Anda bisa datang ke Pantai Mabai yang berada di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Dinamakan Pantai Mabai sendiri karena di sini terdapat sebuah restoran yang memiliki nama Mabai. Jadi nama Pantai Mabai diambil dari nama restoran tersebut. Pantai ini memang dikenal dari restoran Mabai yang ada tepat di belakang pantai. Jadi Anda yang ingin masuk ke pantai maka mau tak mau harus melewati Restoran Mabai terlebih dahulu. Berada di Pantai Mabai sendiri Anda bisa menikmati sajian pantai dengan bebatuan granit, pasir putih yang bersih dan juga ombak yang tenang. Pantai yang berada tidak jauh dari Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Tanjung Kelayang ini sendiri memiliki garis pantai yang panjang dan lebar. Satu lagi sajian yang bisa Anda dapati di Pantai Mabai adalah suasana yang damai dan tenang. Dengan keadaan yang tenang dan damai tersebut maka siapapun yang datang ke sini akan bisa bersantai dan melakukan relaksasi dengan optimal. Kegiatan bersantai dan rileksasi di Pantai Mabai sendiri semakin maksimal dengan adanya semilir angin yang datang dari pepohonan rindang di sekitarnya.

5. Wisata Alam Pulau Kulong

foto #4 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Terakhir, wisata di Kecamatan Sijuk yang bisa Anda datangi untuk melengkapi liburan yakni Wisata Alam Pulau Kulong. Wisata yang berada di Desa Air Selumar dan berjarak 16 km dari Kota Tanjungpandan ini sangat tepat untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Pasalnya di sini Anda dan keluarga akan bisa melakukan beragam hal yang seru dan menyenangkan. Beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan di wisata yang dibuka untuk umum pada 6 Juli 2016 ini antara lain berendam dan berenang di kolam pemandian, melihat ikan hias serta memancing. Di Wisata Alam Pulau Kulong ini Anda bisa memancing dengan puas untuk mendapatkan beberapa jenis ikan Patin, ikan Gabus dan ikan Nila. Hasil tangkapan atau pancingan sendiri bisa Anda kembalikan ke kolam atau Anda bawa pulang dengan membayarnya. Selain kolam pemandian dan pemancingan, di Wisata Alam Pulau Kulong ini Anda juga bisa mengeksplorasi beberapa spot seperti taman ikan, taman udang lobster dan juga tempat kuliner yang menjual aneka cemilan dan makanan. Wisata pertama di Pulau Belitung yang memanfaatkan bekas galian timah ini sendiri bisa Anda nikmati dengan membayar tiket masuknya yang murah yakni sebesar Rp 10 rupiah saja.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar