129 Artikel dan Berita Tentang Belitung

BelitungIsland.COM Article and News
Add to bookmarkAdded
10/08/2020

Persiapan Pemprov Bangka Belitung Bangkitkan Pariwisata Era New Normal

Belitung Tour

New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru menjadi era kehidupan terkini yang sedang dijalankan beberapa daerah di Indonesia termasuk Provinsi Bangka-Belitung. Dalam rangka kembali membangkitkan perekonomian pasca PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), Pemprov Bangka-Belitung (Babel) pun berusaha membangkitkan sektor pariwisata. Pariwisata di Provinsi Babel ini memang merupakan sektor yang cukup penting dan sangat potensial. Tapi dalam 3 bulan terakhir akibat pandemi Covid-19, pariwisata di Belitung mengalami kelumpuhan. Namun dengan statusnya yang kini sebagai zona hijau, pariwisata Provinsi Babel pun akan memulai era New Normal setelah dizinkan oleh pemerintah pusat untuk menerima wisatawan.

Susun SOP Prot ...


3/07/2020

Kesenian Begubang yang Melegenda

Belitung Tour

Tradisi berpantun di Belitung memang terbilang sangat kental terasa. Dengan budaya melayu yang melekat pada masyarakatnya membuat bermunculan beberapa kesenian dan tradisi yang berkaitan dengan budaya pantun. Salah satu kesenian dan tradisi yang muncul dari budaya pantun ini adalah begubang. Lalu seperti apa tradisi kesenian Begubang tersebut? Berikut penjelasannya.

Tradisi Pantun Masyarakat Belitung


Begubang merupakan tradisi berpantun pada masyarakat Belitung terutama masyarakat kawasan Belitung Timur. Meski saat ini tradisi ini sudah banyak dilupakan, namun dahulu Begubang sangat menjadi kegemaran masyarakat. Bahkan begitu memikatnya kesenian Begubang ini membuat para muda-mudi menjadi ...


30/05/2020

Menapak Tilas Kerajaan Badau

Belitung Tour

Kerajaan Badau adalah kerajaan pertama dan tertua di Belitung. Kerajaan ini berdiri sejak abad ke-15 dengan pusat pemerintahannya yang berada di sekitar daerah Pelulusan. Raja pertama dari Kerajaan Badau sendiri bernama Datuk Mayang Gresik. Dalam sejarahnya, Kerajaan Badau pernah mengusai beberapa daerah seperti Badau, Bentaian, Bange, Simpang Tiga, Ibul, Buding, Gantung dan Manggar. Jejak peninggalan Kerajaan Badau sendiri sekarang bisa dilihat di Museum Badau yang berada di Jl. Abdul Rahman No.1, Desa Badau, Kecamatan Badau, Belitung.

Kisah Perjalanan Datuk Mayang Gresik ke Belitung


Datuk Mayang Gresik ini memang bukan penduduk asli Belitung. Jadi Datuk Mayang Gresik sejatinya merupakan ...