Catat Ini Spot Snorkeling Terbaik di Belitung

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #148
 
   2/10/2017
Location: VIEW 8253 LIKE 658


Jika anda memiliki kesempatan untuk berlibur ke Belitung, maka jangan sia-siakan kesempatan itu untuk melakukan berbagai kegiatan seru seperti snorkeling. Selain pantai, dunia bawah laut di perairan Belitung sangat indah karena airnya juga super jernih. Sebagai informasi berikut ini adalah beberapa spot snorkeling terbaik di Belitung yang bisa anda coba:



Batu Malang Penyu




Salah satu spot terbaik snorkeling di Belitung adalah Batu Malang Penyu. Tempat ini bukan pantai atau pulau tapi merupakan batu granit besar yang jauh dari pantai. Dari kejauhan batu granit besar ini berbentuk seperti penyu. Karena posisinya sendirian di tengah laut maka batu ini disebut Batu Malang Penyu. Uniknya, di tempat ini terdapat gua di atas permukaan air dengan pemandangan bawah air berupa reruntuhan batu granit, koral atau terumbu karang dan ikan-ikan yang super cantik. Bahkan anda bisa menjumpai penyu sisik di perairan Batu Malang Penyu ini.




belitung-news



Pulau Lengkuas




Spot snorkeling terbaik di Belitung selanjutnya ada di perairan Pulau Lengkuas. Anda bisa mencapai pulau ini melalui pelabuhan di Pulau Belitung dengan menyewa perahu milik nelayan. Atau anda juga bisa memilih menggunakan paket jasa tur yang biasanya sudah termasuk dengan penyediaan alat snorkeling.




Sebelum menuju Pulau Lengkuas, anda harus tahu bahwa perairan di sekitar pulau ini sangat jernih dan menyimpan keragaman biota laut yang bisa memanjakan mata. Selain itu tingkat kedalaman perairan di pulau ini juga ideal yaitu 1.5 meter hingga 3 meter. Menurut beberapa sumber, spot terbaik di perairan ini adalah sisi kanan Pulau Lengkuas.




belitung news




Pantai Tanjung Tinggi




Pantai yang menjadi lokasi syuting film fenomenal Laskar Pelangi ini tidak pernah sepi pengunjung. Jika di pantai lain mungkin pemisah antara lautan dan daratan adalah batu karang, maka di pantai ini batu granitlah yang menjadi pemisah. Keindahan biota laut dan juga karang di perairan Pantai Tanjung Tinggi tidak perlu anda ragukan.




Kedalaman perairan sekitar 3-4 meter dengan air yang jernih membuat kegiatan snorkeling anda sangat menyenangkan. . Namun anda harus berhati-hati saat melakukan snorkeling di pantai yang memiliki luas 80 hektare ini, karena pada musim atau waktu tertentu ada ubur-ubur yang bisa beresiko menyengat anda.




belitung news



Pulau Kepayang




Belitung memiliki banyak pulau tak berpenghuni yang menjadi destinasi wisata. Meski begitu, jarak antar pulau yang berdekatan membuat kegiatan island hopping bisa menjadi pilihan yang menarik. Saat melakukan island hopping tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu spot snorkeling terbaik di Belitung, tepatnya di perairan Pulau Kepayang.




Pulau Kepayang ini terbagi dua yaitu Kepayang Besar dan Kepayang (Babi) Kecil. Hanya sekitar beberapa ratus meter dari tepian pantai, anda sudah bisa melihat gerombolan ikan-ikan kecil di antara karang-karang. Untuk peralatan snorkeling, anda tidak perlu khawatir karena di pulau ini sudah ada penyewaan peralatan diving dan snorkeling. Sebagai informasi tambahan, ombak di perairan dekat Pulau Kepayang ini cukup tenang sehingga cocok untuk snorkeling, berenang dan diving. Anda hanya perlu waktu sekitar 30 menit dari Kota Tanjung Pandan untuk bisa sampai di Pulau Kepayang.




belitung news



Batu Garuda




Pulau yang satu ini berada di wilayah Kabupaten Belitung Barat, letaknya berdekatan tepatnya berada di lepas Pantai Tanjung Kelayang. Di pulau pasir yang mungil ini, bebatuan granit tersusun dengan rapi. Jika diperhatikan susunan batu granit ini hampir menyerupai kepala burung Garuda. Fakta inilah yang menjadi alasan kenapa pulau ini bernama Batu Garuda.




Dari Pantai Tanjung Kelayang, anda hanya perlu menempuh perjalanan selama 10 menit untuk sampai di Batu Garuda. Mengingat pulau ini dikelilingi oleh karang maka anda tidak akan bisa sampai di bibir pantai karena perahu tidak bisa menepi. Anda hanya bisa mengambil foto dari atas perahu ataupun dari Pantai Tanjung Kelayang.




Mengingat perairan di sekitar Batu Garuda ini sangat jernih dan terdapat banyak karang, maka anda bisa snorkeling di sini. Tentunya anda tidak ingin melewatkan keseruan untuk merasakan sensasi snorkeling dengan mengelilingi pulau mungil ini bukan?




belitung news



------




Untuk perlengkapan snorkeling (life jacket, kaki katak dan kacamata renang) anda bisa menyewanya dengan harga Rp. 15.000 hingga Rp. 25.000 per item. Sebagai informasi tambahan, rata-rata harga sewa kapal untuk sehari berada di kisaran Rp. 400.000 hingga Rp. 1.500.000. Untuk sewa perahu dengan harga tertinggi biasanya menggunakan perahu glass bottom di mana anda bisa menikmati keindahan bawah laut tanpa harus terjun ke laut.




Selain itu setiap perahu memiliki kapasitas yang berbeda mulai dari 7 hingga 15 orang. Jadi sebaiknya anda berlibur bersama teman atau keluarga agar bisa patungan saat menyewa kapal. Selain masalah sewa kapal, sebaiknya anda juga mencari waktu yang tepat untuk snorkeling di Belitung. Bulan Maret hingga Oktober adalah waktu terbaik karena cuaca cerah dan ombak tenang.


Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar