Daftar Tempat Liburan di Belitung yang Hadirkan Keseruan untuk Keluarga Saat Lebaran

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #195
 
 Asep Irwan Gunawan  4/06/2019
Location: Belitung VIEW 13837 LIKE 1028

Bagi Anda yang merencanakan berlibur lebaran di Belitung tentu Anda jangan sampai melewatkan banyak hal menarik di sana. Sebagai daerah yang terus berkembang pariwisatanya memang membuat Anda harus memaksimalkan setiap waktu saat berada di Belitung. Alih-alih berdiam diri saja di rumah atau penginapan, Anda yang berlibur lebaran di Belitung, perlu mendatangi beberapa destinasi yang akan membuat libur lebaran Anda lebih berkesan. Apalagi Anda yang berlibur lebaran di Belitung ini bersama keluarga. Tentu saja Anda perlu membuat anggota keluarga merasakan kebahagiaan dengan cara mengunjungi beberapa destinasi wisata di Belitung. Nah, berikut ini adalah beberapa daftar tempat liburan di Belitung yang hadirkan keseruan untuk keluarga saat berlebaran.

1. Bukit Berahu

foto #0 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Tempat libur lebaran yang seru untuk keluarga di Belitung adalah Bukit Berahu. Bukit Berahu memang akan sangat tepat untuk liburan keluarga karena destinasi wisata ini memiliki sajian yang lengkap. Selain sajian bukit sesuai namanya, di sini kita juga akan mendapati banyak sajian seperti kolam renang, taman yang indah, pantai yang eksotik dan lain sebagainya. Di bukit tempat pertama kali kita datang ini sendiri kita akan bisa menjumpai pemandangan elok dari ketinggian. Kemudian dari bukit tersebut kita bisa turun ke bawah menuju area kolam renang dan taman yang indah. Belum puas dengan dua sajian tadi, Anda bisa turun lagi ke bawah menuruni anak tangga untuk menjumpai sebuah pantai eksotik bernama Pantai Bukit Berahu. Di Pantai Bukit Berahu ini Anda dan keluarga bisa bermain air laut dan pasir putih yang bersih dengan leluasa. Anda pun di pantai ini bisa bersantai sambil memancing, menyaksikan kapal-kapal nelayan Kampung Bugis atau menyaksikan pulau karang kecil di depan pantai.

2. Museum Tanjung Pandan

foto #1 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Anda yang ingin keluarga berwisata sambil belajar maka mengunjungi Museum Tanjung Pandan akan menjadi pilihan yang tepat. Ini karena di Museum Tanjung Pandan ini kita bisa mendapati banyak koleksi bersejarah mengenai banyak hal termasuk pertambangan timah yang melegenda di Belitung. Beberapa koleksi menarik yang bisa kita dapati di Museum Tanjung Pandan antara lain keramik tua Tiongkok, gerabah yang asal Thailand, uang kuno, senjata tajam kuno dan juga beberapa batuan dan biji logam. Salah satu jenis penemuan batuan paling menarik yang bisa kita dapati di sini yakni batu satam yang sangat terkenal di Belitung. Agar Anda dan keluarga bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih akurat dan banyak maka Anda perlu menyewa jasa guide atau pemandu wisata. Dengan adanya guide inilah maka Anda akan mendapatkan informasi menarik dari kisah replika kapal karam yang mencari dan membawa harta karun. Kisah yang tak kalah menariknya yang bisa kita dapati di Museum Tanjung Pandan ini adalah sejarah penambangan timah di Belitung yang melegenda. Untuk kisah yang satu ini kita akan didukung oleh koleksi museum seperti kapal keruk dan beberapa peralatan untuk menambang timah. Selain belajar mengenai sejarah, di museum yang berada di Jalan Melati No. 41A, Kota Tanjung Pandan ini kita juga bisa belajar aneka satwa. Di area kebun binatang mini ini kita bisa mendapati beberapa koleksi satwa seperti Ikan Arapaima, buaya dan lainnya.

3. Air Terjun Gurok Beraye

foto #2 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Ingin melepas penat dengan cepat? Datang saja ke Air Terjun Gurok Beraye yang berada di Dusun Air Pegantungan, Desa Kacang Botor, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung. Di Air Terjun Gurok Beraye ini suasana untuk bersantai dan rileksasi ini memang sangat mendukung. Ini karena adanya dukungan suasana alam yang begitu asri dan tenang. Selain menikmati alam yang begitu asri, di Air Terjun Gurok Beraye ini kita juga bisa mandi dan berenang di kolam air terjun dengan sensasi tiada tara. Hal ini disebabkan perairan di Air Terjun Gurok Beraye sangatlah jernih sehingga dasar kolam pun dapat terlihat dengan mudah. Dari kejernihan airnya ini pula Anda bisa melakukan selfie underwater dengan optimal di Air Terjun Gurok Beraye. Dengan semua hal yang disajikan oleh Air Terjun Gurok Beraye maka segala jenuh dan penat yang Anda miliki akan langsung sirna.

4. Pemandian Batu Mentas

foto #3 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Selanjutnya, tempat liburan seru di Belitung untuk Anda bersama keluarga yang menarik untuk dikunjungi saat libur lebaran adalah Pemandian Batu Mentas. Memiliki konsep yang hampir sama dengan Bukit Berahu, di sini kita bisa mendapati kawasan wisata yang kompleks dan lengkap. Jadi selain wisata pemandian sesuai dengan namanya, di Pemandian Batu Mentas ini kita juga bisa menjumpai kekayaan flora dan fauna. Pemandian Batu Mentas memang mengusung konsep wisata konservasi di mana di sini kita akan menjumpai usaha pelestarian beberapa flora dan fauna langka. Beberapa flora yang dilestarikan di sini antara lain Sisilan, Rukam, Nibong Palay, Pelawan, Simpor Laki, dan lain sebagainya. Sementara itu untuk fauna yang dilestarikan di sini yaitu Burung Siaw, Tupai Kelaras, Tarsius Bancanus Saltator, Rusa dan Pelanduk. Dari adanya beberapa flora dan fauna inilah maka Anda dan keluarga pun bisa berwisata dengan puas karena ada banyak pengetahuan yang bisa didapatkan. Untuk Anda yang ingin bermain air di Pemandian Batu Mentas sendiri maka akan ada kesan mendalam yang bisa didapatkan. Ini karena di sini kita akan merasakan sensasi mandi dan berenang yang menyegarkan karena jernih dan bersihnya air yang berasal dari kaki Gunung Tajam. Jangan lupakan juga adalanya kegiatan outbond yang bisa Anda lakukan bersama keluarga di wisata pemandian yang berada di Desa Kelekak Datuk, Kecamatan Badau, Belitung Barat.

5. Pantai Tanjung Tinggi

foto #4 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Terakhir, tempat liburan di Belitung yang menghadirkan keseruan untuk keluarga saat lebaran adalah Pantai Tanjung Tinggi. Pantai yang satu ini memang tak perlu diragukan lagi keindahannya. Sebab di sana kita akan menjumpai lanskap alam yang memanjakan mata. Salah satu sajian paling menarik di sni tentu saja adalah hamparan bebatuan granit dengan berbagai ukuran yang tersebar di area seluas 80 hektar. Hamparan batuan granit inilah yang kemudian menjadi ciri khas dari Pantai Tanjung Tinggi. Tapi tidak hanya bebatuan granit dengan berbagai ukuran yang akan memukau Anda dan keluarga. Tapi di sini Anda dan keluarga juga bisa mendapati perairan yang jernih dan juga pasir putih pantai yang eksotik. Dengan keadaan perairan dan pasir putih yang seperti ini tentu Anda dan keluarga akan sangat puas bermain-main di sana. Jangan lupakan juga sajian pemandangan sore hari yang begitu menawan berupa sunset cantik di ufuk barat. Dengan segala hal yang disajikan Pantai Tanjung Tinggi ini maka memang tak ayal bila kemudian kawasan ini dipilih sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi yang fenomenal. Dari ditetapkannya Pantai Tanjung Tinggi sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi maka pantai yang berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung ini pun mendapat julukan Pantai Laskar Pelangi.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar