Inilah 6 Aktivitas Menarik yang Wajib Anda Lakukan Saat ke Pulau Batu Garuda

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #193
 
 Asep Irwan Gunawan  2/01/2020
Location: Belitung VIEW 11059 LIKE 129

Pulau Batu Garuda merupakan salah satu pulau di Belitung yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Mengapa demikian? Sebab di sini ada sebuah batuan granit unik yang sangat mempesona untuk disaksikan. Dinamakan Pulau Batu Garuda karena di sini kita memang bisa mendapati sebuah batu granit berbentuk seperti burung garuda. Meski hanya terlihat bagian kepalanya saja, tapi bentukan alami batu granit ini begitu unik untuk disaksikan. Dari sinilah maka pulau kecil yang berada 300 meter dari Pantai Tanjung Kelayang ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Untuk Anda yang juga berencana akan ke Pulau Batu Garuda maka cobalah untuk mengagendakan beberapa kegiatan di sana. Sebab, di sana Anda memang bisa melakukan beberapa kegiatan menarik bila mau merencanakannya. Nah, berikut ini adalah 6 aktivitas menarik yang wajib Anda agendakan saat berkunjung ke Pulau Batu Garuda.

1. Berfoto atau Dokumentasi

foto #0 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Pertama, aktivitas menarik yang wajib Anda agendakan ketika ke Pulau Batu Garuda adalah berfoto atau dokumentasi. Kegiatan yang satu ini memang selalu menjadi agenda utama yang tak pernah dilewatkan oleh para pelancong. Ini karena Pulau Batu Garuda merupakan salah satu destinasi intagramable yang ada di Belitung. Dengan menghadirkan batuan granit yang unik dengan bentuk kepala burung Garuda, maka memang banyak orang yang tak ingin melewatkan momen berfoto di pulau ini. Dengan model dokumentasi apapun entah itu foto atau video, pastinya Pulau Batu Garuda selalu mempesona untuk diabadikan. Untuk mendapatkan gambar yang terbaik dari bentukan batu granit di Pulau Batu Garuda ini, Anda bisa mengambilnya dari beberapa sudut atau spot. Pertama, spot berfoto yakni di Pulau Batu Garuda sendiri dengan hasil gambar yang lebih dekat. Bila Anda ingin mendapatkan gambar yang lebih luas maka Anda harus mengambilnya dari sudut yang jauh. Nah untuk hal ini maka tak jarang beberapa wisatawan mengambil gambar dari atas perahu sebelum mencapai pulau.

2. Berenang dan Bermain Pasir Pantai

foto #1 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Berikutnya, aktivitas menarik yang tak boleh Anda lupakan saat berkunjung ke Pulau Batu Garuda adalah berenang dan bermain pasir pantai. Dengan perairan yang jernih serta ombak yang tidak terlalu besar, tentu membuat membuat kegiatan bermain air dan berenang di Pulau Batu Garuda akan selalu menyenangkan. Anda tak perlu ragu untuk terjun ke perairan dan membasahi diri karena di sini memang tidak akan dijumpai perairan yang kotor. Bahkan begitu jernihnya perairan di Pulau Batu Garuda, kita bisa melihat dasar laut dengan jelas. Selain bermain air dan berenang, di Pulau Batu Garuda Anda juga bisa melakukan kegiatan bermain pasir pantai dengan optimal. Ini karena di Pulau Batu Garuda ini kita bisa mendapati pasir pantai putih, bersih dan halus. Meski tidak terlalu luas areanya yakni hanya 50 meter persegi, tapi dengan karakteristik pantai pasir yang seperti disebutkan, maka Anda akan bisa bermain pasir pantai dengan kesenangan yang optimal.

3. Menikmati Pemandangan

foto #2 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Jika Anda sudah puas dengan panorama dari Pantai Tanjung Kelayang dan ingin mendapati pemandangan dari sudut pandang lain, maka menyaksikannya dari Pulau Batu Garuda adalah opsi terbaik. Sebab di sini Anda bisa menyaksikan panorama perairan Pantai Tanjung Kelayang yang berbeda. Panorama yang bisa kita dapati di Pulau Batu Garuda sendiri terbilang mempesona. Sebab selain pemandangan perairan yang lebih luas, di sini kita juga bisa mendapati pemandangan pulau-pulau kecil dari jarak yang lebih dekat. Apalagi bila Anda datang ke sini pada sore jelang petang maka akan ada sajian pemandangan sunset yang indah dan mempesona untuk disaksikan. Jangan lupakan juga beberapa pemandangan dari kapal dan beberapa perahu nelayan yang lalu lalang melaut atau mengantarkan wisatawan dalam island hopping. Tak hanya pemandangan pada pagi, siang atau sore saja yang disajikan menarik oleh Pulau Batu Garuda. Sebab, pada malam hari kita juga bisa menyaksikan pemandangan keren dari Pulau Batu Garuda yang berwarna-warni karena adanya beberapa lampu bertenaga surya yang dipasang oleh Pemerintah Daerah Belitung.

4. Trekking Menyusuri Pulau

foto #3 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Selanjutnya, aktivitas menarik yang wajib Anda lalukan saat ke Pulau Batu Garuda adalah trekking menyusuri pulau. Di Pulau Batu Garuda ini memang banyak hal menarik yang bisa didapati. Tidak hanya batu granit berbentuk kepala burung garuda saja, tapi di sini ada beberapa hal lain yang patut untuk ditelusuri. Dari sini maka trekking menyusuri pulau akan menjadi kegiatan yang sangat optimal untuk dilakukan. Beberapa hal menarik selain batu granit berbentuk kepala burung garuda yang dapat dijumpai di sini antara lain gua dan telaga. Gua yang ada di Pulau Batu Garuda sendiri tidak seperti gua-gua di tempat lain. Sebab gua di sini terbentuk dari batu granit yang tersusun sedemikian rupa hingga membentuk ruang mirip gua. Karena tidak terlalu rapat, maka gua di Pulau Batu Garuda ini kita masih bisa mendapati cahaya matahari yang masuk. Tidak hanya itu, di gua ini ada perairan dari laut yang masuk sehingga membuat kta bisa berendam di dalamnya. Sementara itu untuk telaga yang ada di sini dinamakan dengan telaga bidadari. Di telaga yang terbentuk secara alami ini kita bisa berendam dan berenang dengan optimal dan rasa puas yang mendalam.

5. Island Hopping

foto #4 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Pulau Batu Garuda yang berada di kawasan Pantai Tanjung Kelayang memang dikelilingi oleh beberapa pulau kecil di sekitarnya. Nah dari sinilah maka kemudian dari Pulau Batu Garuda atau dari Pantai Tanjung Kelayang, banyak wisatawan yang melakukan kegiatan island hopping. Island hopping sendiri adalah kegiatan menyusuri pulau-pulau kecil dengan menggunakan perahu. Pulau Batu Garuda sendiri merupakan salah satu pulau kecil yang menjadi tujuan island hopping. Tapi setelah dari Pulau Batu Garuda ini Anda bisa melanjutkan perjalanan island hopping ke beberapa pulau kecil lainnya seperti pulau pasir, pulau lengkuas, pulau kepayang, pulau batu berlayar dan lain sebagainya. Tentu saja penjelajahan pulau dalam konsep island hopping ini akan sangat membuat Anda mendapatkan kesan yang mendalam dalam liburan ke Belitung pada umumnya dan ke Pulau Batu Garuda pada khususnya.

6. Bersantai dan Rileksasi

foto #5 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Terakhir, aktivitas menarik yang wajib Anda lakukan ketika ke Pulau Batu Garuda yaitu bersantai dan rileksasi. Pulau tak berpenghuni ini memang akan menjadi tempat yang sangat mumpuni untuk kegiatan bersantai. Pasalnya di sini suasananya lebih tenang dengan dukungan pemandangan yang menenangkan hati. Dari sinilah maka Anda yang melakukan kegiatan bersantai di Pulau Batu Garuda akan mendapatkan kesan yang mendalam. Untuk agenda bersantai di Pulau Batu Garuda ini Anda bisa melakukannya di beberapa spot seperti tepian pulau, di atas bebatuan granit sembari menikmati pemandangan atau di telaga bidadari sambil berendam. Dengan bersantai di Pulau Batu Garuda maka segala jenuh dan penat yang Anda rasakan akan langsung hilang dan sirna.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar