Inilah Destinasi Wisata Bukit di Belitung dengan Suguhan Pemandangan Indah

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #161
 
 Asep Irwan Gunawan  8/05/2018
Location: Belitung VIEW 6637 LIKE 479

Popularitas wisata bukit yang menghadirkan panorama indah di beberapa daerah di Indonesia juga bisa kita rasakan di Pulau Belitung. Negeri Laskar Pelangi yang saat ini juga pamornya terus melejit membuat Anda tak akan rugi bila mengunjugi beberapa bukit di Belitung untuk mengisi liburan. Dengan pemandangan yang memukau, tentu bukit-bukit di Belitung ini akan memberikan pengalaman yang lebih berkesan untuk Anda. Bahkan beberapa diantara wisata bukit di Belitung ini telah dikelola dengan baik sehingga membuat Anda tidak perlu khawatir soal fasilitasnya. Dengan pengelolaan yang baik tersebut, Anda juga bisa mendapati ragam sajian wisata lain yang membuat liburan semaki memuaskan. Nah berikut ini adalah beberapa bukit dengan beberapa suguhan menarik yang bisa Anda kunjungi di Belitung.

1. Bukit Berahu

foto #0 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Pertama, bukit yang bisa Anda kunjungi di Belitung adalah Bukit Berahu. Bukit yang berbentuk perahu terbalik jika dilihat dari kejauhan ini menghadirkan suguhan yang bisa membuat Anda terpikat. Bagaimana tidak, di tempat ini kita bisa menikmati beberapa wisata seperti bukit, pantai, kolam renang dan juga hotel. Bisa dikatakan destinasi Bukit Berahu ini adalah wisata yang komplit. Dengan pengelolaan yang baik maka liburan Anda di Bukit Berahu akan sangat memuaskan. Saat tiba di Bukit Berahu yang berada di Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini kita akan menjumpai hotel yang mempunyai teras kecil berbentuk limas dan jendela kaca di sepanjang dinding. Sementara itu di atas hotel yang juga di penuhi jendela kaca, kita bisa menikmati pemandangan kolam renang, pantai dan laut dari ketinggian. Hotel di Bukit Berahu ini memang menjadi pintu masuk destinasi yang juga merupakan lingkungan bukit. Setelah masuk ke hotel kita akan mulai turun ke bawah melewati 96 anak tangga untuk menuju kolam. Di area kolam renang ini kita bisa berenang dan bersantai dengan optimal. Ini karena di sini kita bisa mendapati taman yang rindang serta gazebo untuk tempat beristirahat. Kegiatan bersantai di sini semakin maksimal dengan adanya dukungan udara yang sejuk. Sudah cukup? Tentu belum. Dari area kolam renang, Anda bisa turun lagi ke bawah untuk menuju ke Pantai Bukit Berahu. Dengan sajian pasir putih yang bersih maka Pantai Bukit Berahu ini akan membuat Anda betah. Selain pasir putih, di Pantai Bukit Berahu ini kita juga bisa mendapati kapal-kapal nelayan Kampung Bugis, deretan rumah panggung dan juga pemandangan pulau karang kecil yang dipenuhi pepohonan yang nampak di depan pantai. Karena di sini sudah ada hotel maka Anda yng ingin bermalam tak perlu kerepotan mencari tempat menginap. Langsung saja datang ke hotel tadi untuk memesan kamar. Selain hotel dan beragam fasilitas yang telah disebutkan sebelumnya, di Bukit Berahu ini kita juga bisa mendapati restoran dan cafe untuk pengunjung yang kehausan atau ingin mengisi perutnya yang keroncongan. Untuk masuk ke wisata Bukit Berahu ini Anda hanya perlu mengeluarkan dana yang sangat terbilang murah yakni sebesar Rp 2.000/orang.

2. Bukit Peramun

foto #1 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Wisata bukit berikutnya yang bisa Anda kunjungi di Belitung adalah Bukit Peramun yang berada di Desa Selumar, kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Bukit yang dikelola oleh Komunitas ARSEL ini tak kalah menariknya dengan Bukit Berahu. Ini dikarenakan di Bukit Peramun ini kita tidak hanya bisa menikmati pemadangan dari ketinggian, tapi juga bisa menikmati wisata konservasi alam. Di Bukit Peramun ini kita memang bisa mendapati flora dan fauna serta lebatnya hutan tropis. Kayanya flora di sini bahkan membuat Bukit Peramun sejak dulu dijadikan tempat meramu obat-obat herbal. Menariknya beberapa pohon yang ada di sini memiliki barcode yang bisa discan oleh pengunjung untuk mengetahui informasi deatil mengenai pohon tersebut. Selain itu di Bukit Peramun ini kita bisa mendapati hewan langka khas Bangka-Belitung yakni Tarsius (Tarsius Bangkanus Saltator). Hewan langka ini bisa Anda amati bersama guide pada beberapa titik (spot) di area bukit. Lokasi Bukit Peramun yang berada di Gunong Peramun ini membuat kawasan ini dulu juga sering dijadikan tempat pemantauan pergerakan kapal perompak dan kapal Belanda. Di Bukit Peramun ini kita juga bisa mendapati beberapa spot foto Instagramable yang sedang populer dan digemari wisatawan. Beberapa spot foto Instagramable di Bukit Peramun adalah Jembatan Gantung, Batu Kembar, dan juga Batu Ampar yang berada di bagian atas bukit. Menariknya lagi di sini ada sebuah spot foto mobil terbang yang dapat dinaiki sambil berfoto. Spot foto lain yang bisa kita jumpai di Bukit Peramun adalah Rumah Hobit, Puncak Selfie dan juga Panggong Kerite Unte. Bagi Anda pecinta kegiatan trekking dan petuangan, maka di kawasan wisata Bukit Peramun ini Anda juga dapat melakukannya. Sebab di sini ditawarkan Geological Tracking yang menghadirkan kegiatan petualangan seru seperti melintasi jalur bebatuan granit di lembah ara bulin peramun sampai dengan Bukit langkang. Tidak hanya itu dalam Geological Tracking ini Anda juga akan diajak menyusuri beberapa goa seperti goa kelayang, goa kera, goa kelelawar dan goa dinosaurus. Dalam petualangan ini Anda juga akan diajak melewati celah formasi batu granit berukuran raksasa dan hutan bulin yang berusia ratusan tahun. Untuk masuk kawasan wisata Bukit Peramun ini diberlakukan tiket masuk yang tarifnya cukup terjangkau yakni Rp 10.000 per orang.

3. Bukit Pangkuan

foto #2 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Bila Anda ingin ke tempat wisata bukit dengan dukungan fasilitas yang lengkap maka Anda bisa datang ke Bukit Pangkuan yang berada di Desa Mentawak, Kelapa Kampit. Bukit yang awalnya merupakan kawasan perkebunan dengan budidaya buah dan pepohonan kini telah berubah menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Meski telah berubah menjadi obyek wisata, tapi usaha pelestarian lingkungan di Bukit Pangkuan tetap dipertahankan. Dengan luas 120 hektar, Bukit Pangkuan menghadirkan banyak sajian untuk para pengunjungnya. Selain suguhan pemandangan yang elok dari atas ketinggian 200 meter, di Bukit Pangkuan ini kita juga bisa menikmati berbagai wahana permainan. Beberapa wahana permainan yang bisa Anda coba adalah flyingfox, trompolin, giant swing dan juga high rope dengan ketinggian meraih 15 meter dan 12 lintasan. Bagi Anda yang suka berenang maka di Bukit Pangkuan ini juga disediakan kolam renang yang dilengkapi seluncuran dan wahana permainan air. Di Bukit Pangkuan yang telah dikelola dengan baik ini Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan soal sarana dan prasarananya. Sebab di sini ada beragam fasilitas seperti area parkir yang luas, tempat ibadah, toilet, kamar mandi serta warung-warung makan dengan menu makanan khas Belitung yang lezat. Untuk masuk ke wisata Bukit Pangkuan hanya perlu membayar tarif masuknya sebesar Rp. 8. 000. Sementara itu untuk menikmati wahan permainan ada tarif tambahan sebesar Rp. 20. 000 sampai Rp. 35. 000.

4. Bukit Samak Resort A1

foto #3 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Ingin mengabadikan Kota Manggar dari atas ketinggian? Datang saja ke Bukit Samak Resort A1. Dinamakan Bukit Samak Resort A1 karena di sini memang terdapat sebuah resort yang dibangun sejak masa penjajahan Belanda. Jadi resort di bukit ini dulunya digunakan untuk tempat tinggal para pejabat Belanda. Selain sebuah resort di sini kita juga bisa menjumpai bangunan mewah yang pada masa penambangan timah digunakan sebagai tempat tinggal para eksekutif perusahaan PT Timah Kota Manggar. Setelah PT Timah bubar karena kebangkrutan maka tempat ini disulap menjadi kawasan rekreasi dan wisata. Sementara itu untuk rumah mewah para pejabat Belanda saat ini diubah peruntukannya sebagai rumah dinas Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Manggar. Beberapa tempat tinggal para pejabat yang dibangun di bukit ini menjadi pertanda bahwa Bukit Samak punya kelebihan untuk dijadikan tempat bersantai dan rileksasi. Dengan pemandangan indah dan udara sejuk dari pepohonan yang ada memang membuat siapa pun yang datang ke sini akan merasa betah. Beberapa pemandangan indah yang bisa kita saksikan dari bukit dengan ketinggian 130 mdpl ini antara lain Pantai Nyiur Melambai, Pantai Olie Pier dan Pantai Tebing. Tak ketinggalan juga di Bukit Samak ini kita bisa menyaksikan Kota Manggar dari ketinggian. Karena berhadapan langsung dengan lautan maka dari Bukit Samak ini kita juga bisa melaihat lalu lalang kapal dan perahu nelayan yang sedang mencari ikan. Saat pagi dan terutama sore hari, Bukit Samak ini akan banyak didatangi pengunjung untuk bersantai, menikmati pemandangan atau untuk berfoto-foto mengabadikan sang surya yang membentuk senja indah.

5. Bukit Batu Baginda

foto #4 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Terakhir, wisata bukit yang menarik untuk dikunjungi di Belitung adalah Bukit Batu Baginda atau Baginde. Bukit ini berbeda dengan bukit-bukit pada umumnya karena dibentuk oleh sebuah batuan granit raksasa. Seperti kita ketahui bahwa di Belitung fenomena batuan granit banyak dijumpai. Beberapa batuan granit yang ada memang ada yang berukuran besar bahkan sangat besar. Nah bebatuan granit di Bukit Batu baginda ini adalah sanah satu yang terbesar hingga menciptakan sebuah bentukan bukit. Bukit Batu Baginda yang berada di Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung ini terbilang cukup tinggi karena memiliki ketinggian sekitar 250 meter dari permukaan tanah. Dari ketinggian tersebut maka di bukit ini kita akan bisa menyaksikan beberapa pemandangan. Selain panorama hijaunya hutan dari puncak Bukit Batu Baginda ini kita juga bisa mendapati pemandangan pantai dan lautan dari kejauhan. Tidak hanya itu, keadaan dan aktivitas penduduk di Desa Padang Kandis juga bisa kita saksikan dari bukit ini. Pemandangan paling indah di Bukit Batu Baginda bisa kita dapati pada pagi hari dengan sajian sunrise dan juga pada sore hari dengan suguhan sunset yang cantik. Berada di Bukit Batu Baginda kita juga bisa melakukan rileksasi yang optimal. Ini dikarenakan di bukit ini suasananya tenang dan juga bertiup angin sepoi-sepoi yang membuat nyaman. Hal menarik yang juga tak boleh Anda lewatkan di Bukit Batu Baginda ini adalah kisah adanya dua batu besar yang berdekatan. Sebab menurut beberapa kepercayaan masyarakat setempat kedua batuan ini merupakan pasangan yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Beberapa masyarakat lainnya bahkan mempercayai Bukit Batu Baginda ini metupakan tempat yang sakral. Hal ini terbukti dari adanya beberapa orang yang datang ke sini untuk beberapa kepentingan seperti bermunajat atau bahkan mencari pesugihan.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar

  • belitung comment
    Kenan
    14 May 2018

    Terima kasih atas informasi nya, Belitung memang mantep. Pernah ke Bukit Peramun, ada banyak object yang bagus untuk dipelajari dan juga untul selfie


  • belitung comment
    Rida BIC
    13 May 2018

    Selain destinasi di atas masih ada Batu Mentas yang berada di kaki Gunung Tajam, dilalui sungai yang mengalir bening, Bisa river tubing di aliran sungai yang cukup rough. Di tempat ini ada juga binatang tarsius yang langka dan hanya ada di Belitung dan Sulawesi. Tarsius bisa memutar kepalanya 180 derajat.


    • belitung image 2
      Haidar Amri
      11 May 2018

      Keren banget Belitong, ternyata memang banyak destinasi selain pantai. Terima kasih atas artikelnya


  • belitung comment
    Haidar Amri
    11 May 2018

    Keren banget Belitong, ternyata memang banyak destinasi selain pantai. Terima kasih atas artikelnya

    belitung image