Mengenal Wisata Kota Kecil Kelapa Kampit Belitung Timur

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #178
 
 Asep Irwan Gunawan  1/01/2019
Location: Belitung VIEW 8232 LIKE 384

Bicara tentang Belitung, kita memang tidak bisa melepaskan diri dari kisah pertambangan timah. Nah bagi Anda yang ingin menelusuri dan menapak tilas kisah pertambangan timah di Belitung maka datang ke Kelapa Kampit adalah pilihan yang tepat. Ini karena berada di kota atau kecamatan yang ada di Belitung Timur, kita bisa mendapati sebuah destinasi bernama Open Pit yang merupakan bekas pertambangan timah terbuka yang tergolong terbesar di Asia Tenggara. Tapi Kelapa Kampit tidak hanya memiliki Open Pit. Sebab, di sini kita juga bisa mendapati beberapa obyek wisata lain yang membuat liburan Anda lebih mengesankan.

LIBURAN DI OPEN PIT

foto #0 https://www.belitungisland.com
https://www.belitungisland.com

Destinasi pertama dan utama di Kelapa Kampit yang bisa kita kunjungi adalah Open Pit. Open Pit sendiri adalah bekas pertambangan timah yang begitu bersejarah di Kelapa Kampit sekaligus di Belitung. Ini karena di sinilah dulu dihasilkan ber ton- ton tambang timah. Open Pit sendiri bukan tempat pertambangan biasa. Pasalnya, Open Pit tergolong penambangan timah terbuka terbesar di Asia Tenggara. Dari sini kemudian banyak perusahaan asing yang ingin mengelolanya. BHP Billiton yang merupakan perusahaan tambang asal Australia menjadi pengelola pertama Open Pit di tahun 1971-1985. Tapi kemudian di tahun 1985 hungga 1989, perusahaan asal Jerman bernama Preussag GmbH of Hannover mengambil alih Open Pit dari BHP Billiton. Tidak hanya kisah dan riwayat pertambangan timah yang bisa Anda dapatkan ketikan datang ke Open Pit ini. Tapi di sini Anda juga bisa mendapati pemandangan menakjubkan berupa danau bekas penambangan dengan airnya yang berwarna hijau toska. Pemandangan danau hijau di Open Pit ini memang begitu memukau. Bahkan begitu memukaunya danau di Open Pit, membuat beberapa orang menjadikannya sebagai tempat foto pre-wedding. Jadi bila Anda penggemar fotografi dan ingin mengabadikan danau Open Pit dengan kamera, pastinya akan dihasilkan gambar yang keren. Selain danau Open Pit, di sini kita juga bisa mendapati gua bekas penambangan, bebatuan cadas dan juga tanaman langka yakni kantung semar. Dengan beragam yang dihadirkan Open Pit maka destinasi yang berada di Desa Senyubuk Kelapa Kampit ini akan membuat liburan Anda jadi lebih berkesan.

LIBURAN DI PANTAI SENGARAN

foto #1 https://www.belitungisland.com
https://www.belitungisland.com

Anda yang menyukai wisata pantai maka di Kelapa Kampit ini Anda akan bisa mendapati destinasi menarik bernama Pantai Sengaran. Berlokasi di Desa Mayang, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, Pantai Sengaran akan membuat liburan Anda jadi berkesan. Ini karena Pantai Sengaran tergolong virgin beach yang memiliki kesan alami dan lestari. Kealamian dan kelesatian Pantai Sengaran ini sendiri bisa kita dapati dari pasir putihnya yang putih dan bersih serta juga air lautnya yang masih jernih. Selain itu di sini kita juga bisa mendapati hutan bakau yang lebat dan rimbun sebagai area hijau. Dari keasrian dan kealamian dari Pantai Sengaran inilah maka Anda bisa melakukan kegiatan bersantai dan relaksasi dengan optimal. Anda yang ke sini membawa kepenatan dan kejenuhan pun akan membuatnya langsung hilang dan sirna. Sementara itu Anda yang suka berenang di Pantai Sengaran ini juga bisa melakukannya dengan maksimal. Pasalnya perairan di Pantai Sengaran ini terbilang dangkal sehingga akan membuat kegiatan berenang jadi lebih optimal.

LIBURAN DI BUKIT PANGKUAN

foto #2 https://www.belitungisland.com
https://www.belitungisland.com

Berikutnya, wisata yang bisa kita jumpai di Kelapa Kampit adalah Bukit Pangkuan. Dengan ketinggian 200 mdpl, di bukit ini Anda bisa melakukan banyak hal menarik. Beberapa kegiatan menarik yang bisa kita lakukan di sini antara lain menikmati pemandangan eksotik, bermain wahana permainan dan juga berenang dengan dukungan wahana permainan air. Di Bukit Pangkuan yang memiliki luas 120 hektar ini kita memang bisa mendapati beberapa wahana permainan darat dan air. Beberapa permainan di darat yang bisa kita nikmati antara lain flyingfox, high rope, trompolin dan juga giant swing. Berada di wisata Bukit Pangkuan ini Anda tak perlu khawatir soal fasilitasnya. Ini karena fasilitas di Bukit Pangkuan ini terbilang lengkap seperti area parkir, musholla, tempat makan, kamar mandi dan toilet. Dan satu hal lagi yang paling menarik dari Bukit Pangkuan ini adalah tarif masuknya yang terbilang murah yakni hanya Rp 8. 000/orang. Sedangkan untuk menikmati beberapa wahana permainan ini maka Anda hanya perlu membayar tarif tambahan sebesar Rp 20.000 hingga Rp 35.000.

LIBURAN DI MUSEUM ISTIQOMAH

foto #3 https://www.belitungisland.com
https://www.belitungisland.com

Anda yang memang ingin menelusuri lebih jauh riwayat Kelapa Kampit maka Museum Istiqomah menjadi destinasi yang tepat untuk dituju. Di Museum Istiqomah ini Anda bisa menelusuri jejak Kerajaan Buding yang pernah memerintah di daerah Kelapa Kampit sejak abad ke-4 Masehi. Dari jejak Kerajaan Buding yang bisa kita jumpai di Museum Istiqomah inilah maka kita akan bisa mendapati beberapa benda atau koleksi peninggalan. Beberapa benda dan peninggalan Kerajaan Buding yang telah menjadi koleksi Museum Istiqomah antara lain keris, pedang, tombak, badik dan parang. Dari sekian senjata tersebut ada sebuah koleksi pedang panjang dengan ukiran yang akan paling menyita perhatian. Koleksi Museum Istiqomah paling unik dan menarik lainnya yang bisa kita dapati adalah kubah masjid yang diperkirakan berumur sekitar 4 abad. Sementara itu koleksi lain dari Museum Istiqomah yang bisa kita jumpai yakni pakaian Kerajaan Buding, gong kecil (kempul) yang berusia sangat tua, mata uang kepeng Belanda, kayu tua bagian dari masjid, peralatan rumah tangga masa lalu, dan juga tempat buah yang terbuat dari kuningan. Dari apa yang dihadirkan oleh Museum Istiqomah inilah maka Anda akan bisa mendapatkan banyak pengetahuan tentang riwayat Belitung, terutama Belitung Timur serta khususnya Kelapa Kampit.

LIBURAN DI PEMANDIAN SUMBER AIR PANAS BUDING

foto #4 https://www.belitungisland.com
https://www.belitungisland.com

Berada di Dusun Bukit Jaya, Desa Buding, kita bisa mendapati wisata Pemandian Sumber Air Panas Buding saat berlibur di Kelapa Kampit. Pemandian Sumber Air Panas Buding sendiri merupakan satu-satunya wisata pemandian air panas di Belitung. Dari kelangkaan sumber air panas di Belitung ini maka Pemandian Sumber Air Panas Buding menjadi tempat favorit pelancong sebagai alternatif liburan. Air panas di Pemandian Sumber Air Panas Buding ini sendiri begitu banyak manfaatnya. Selain dapat membuat badan lebih rileks, dengan kandungan belerang yang dimiliki maka akan membuat Anda yang memiliki penyakit kulit akan hilang dan sembuh. Air panas di Pemandian Sumber Air Panas Buding sendiri telah becampur dengan air rawa sehingga membuat suhu airnya jadi lebih hangat. Sumber Air Panas di Pemandian Sumber Air Panas Buding ini juga telah dikelilingi pagar beton sekitar 30 cm. Sementara itu kedalaman kolam Pemandian Sumber Air Panas Buding ini aalah sekitar 1,5 meter. Sayangnya memang harus diakui bahwa Pemandian Sumber Air Panas Buding belum memiliki dukungan fasilitas yang lengkap karena tidak adanya dukungan dari Pemerintah Daerah setempat.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar