Menikmati Beragam Hal Menarik di Pantai Tanjung Pendam

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #188
 
 Asep Irwan Gunawan  5/04/2019
Location: Belitung VIEW 11269 LIKE 870

Berada di dekat pusat Kota Tanjung Pandan sebagai Ibu Kota Kabupaten Belitung, Pantai Tanjung Pendam akan sangat menarik untuk dikunjungi. Apalagi bagi Anda yang tidak punya waktu banyak di Betitung, maka mendatangi Pantai Tanjung Pendam akan menjadi pilihan terbaik. Meskipun memiliki bibir pantai yang tidak landai, tapi pantai yang di tembok beton di sepanjang pantainya ini selalu ramai dikunjungi terutama pada sore hari. Tidak hanya untuk bersantai dan menikmati pemandangan sunset, tapi orang-orang yang datang ke Pantai Tanjung Pendam memiliki beberapa agendanya tersendiri. Banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Tanjung Pendam dikarenakan banyaknya hal menarik yang bisa dinikmati oleh para pengunjungnya. Lalu apa saja beragam hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Tanjung Pendam tersebut. Inilah ulasannya.

1. Keasrian di Tengah Kota

foto #0 Tanjung Pendam Instagramable
Tanjung Pendam Instagramable

Hal menarik pertama yang bisa didapati di Pantai Tanjung Pendam adalah keasrian tengah kota. Daerah perkotaan memang identik dengan daerah yang minim area hijau dan keasriannya. Tapi di Pantai Tanjung Pendam Anda bisa mendapatkan keasrian yang nyata. Meskipun berada di daerah perkotaan Tanjung Pandan, keasrian di Pantai Tanjung Pendam bisa kita rasakan. Hal ini terlihat dari banyaknya taman-taman dan pepohonan yang hijau, asri dan rindang. Selain dari area hijau yang baik, di Pantai Tanjung Pendam kita juga bisa mendapati keasrian dari perairannya. Perairan di Pantai Tanjung Pendam memang terbilang masih terjaga dengan baik. Meskipun banyak pegunjung yang datang, tapi di sini kita bisa mendapati perairan yang masih bersih dan jernih.

2. Ombak yang Tidak Terlalu Besar

foto #1 Pantai yang cukup Fotogenic di Belitung
Pantai yang cukup Fotogenic di Belitung

Ombak yang besar memang seringkali akan mengganggu kenyamanan kita saat berada di pantai. Tapi tidak dengan ombak yang tidak besar dan tenang. Dengan ombak yang tidak terlalu besar maka kita akan bisa lebih leluasa untuk beraktivitas di pantai. Berenang, bermain air atau juga bermain-main di tepian pantai adalah beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan dengan baik bila ombak pantai tidak terlalu besar. Nah, di Pantai Tanjung Pendam ini kita akan bisa melakukan beragam kegiatan tersebut dengan leluasa karena ombak di sini memang tidak terlalu besar.

3. Pasir Putih yang Eksotik

foto #2 Tempat mengajak anak dan keluarga
Tempat mengajak anak dan keluarga

Salah satu sajian pantai yang selalu disukai pengunjungnya adalah pasir putih. Pasir putih di pantai memang sangat memanjakan mata bila dilihat. Apalagi bila pasir putih yang ada karakteritiknya halus dan bersih, maka akan semakin menarik pantai tersebut. Nah, di Pantai Tanjung Pendam, kita bisa mendapati pasir putih pantai dengan karakteristik seperti yang telah disebutkan. Dengan adanya pasir putih yang eksotik tersebut maka Anda di Pantai Tanjung Pendam bisa bermain pasir pantai dengan riang dan seru.

4. Sunset Saat Sore hari

foto #3 Tampat tampil modis dan bernuansa seni
Tampat tampil modis dan bernuansa seni

Sunset atau matahari terbenam merupakan salah satu fenomena alam yang disukai orang. Dengan menyaksikan sunset di sore hari, hati dan jiwa akan menjadi lebih tenang dan damai. Selain membat hati tenang dan damai, sunset juga bisa membuat Anda mendapatkan gambar terbaik saat diabadikan dengan lensa kamera. Nah, di Pantai Tanjung Pendam kita akan bisa menjumpai sunset yang sangat indah. Posisi Pantai Tanjung Pendam yang langsung menghadap ke arah Barat menjadikan sunset di sini terlihat begitu jelas dan menawan. Begitu istimewanya panorama sunset di sini, bahkan ada yang menyebut bahwa Pantai Tanjung Pendam adalah tempat terbaik untuk melihat pemandangan matahari terbenam di wilayah belitung. Untuk menyaksikan sunset di Pantai Tanjung Pendam ini sendiri banyak area yang bisa dijadikan tempat melihatnya. Selain di area bibir pantai, Anda juga bisa menyaksikan sunset yang elok ini di beberapa area warung makan atau juga di bagian tepian pantai yang dibeton.

5. Artshop dan Fetival Budaya

foto #4 Suasana Santi dengan Aneka Pilihan Kuliner
Suasana Santi dengan Aneka Pilihan Kuliner

Hal istimewa dari Pantai Tanjung Pendam yang sulit didapatkan di pantai-pantai lain di Belitung adalah adanya beberapa tontonan menarik di sepanjang pantai. Beberapa tontonan menarik di Pantai Tanjung Pendam sendiri ada yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung. Sebut saja seperti artshop atau galeri kerajinan tangan dan lukisan serta pertunjukan kesenian. Pada waktu-waktu tertentu, di Pantai Tanjung Pendam memang akan digelar beberapa pertunjukan seperti festival budaya, festival layang-layang dan juga acara olahraga pantai. Pada waktu-waktu tertentu juga tak jarang di Pantai Tanjung Pendam ini bisa kita dapati music live. Tidak jauh dari pelabuhan Tanjung Pendam, kita juga bisa mendapati bekas peninggalan dari suku sawang serta Kerajaan Badau.

6. Pemandangan Pulau Kalimua dan Juga Masyarakat yang Mencari Kijing

foto #5 Tempat berfoto
Tempat berfoto

Menghadap ke arah depan pantai, kita juga bisa menyaksikan pemandangan Pulau Kalimua. Pulau Kalimua sendiri adalah pulau yang diyakini sebagai pulau untuk membuang sial oleh warga Tionghoa. Tontonan menarik lain yang bisa kita dapati saat mengeksplorasi Pantai Tanjung Pendam adalah masyarakat yang mencari kijing, yakni sejenis cacing laut. Cara mencari kijing sendiri terbilang unik karena hewan ini bersembunyi di dalam pasir pantai. Maka dari itu untuk mendapatkannya warga harus memancing keluar kijing dari lubang dengan menggunakan kapur sirih dengan lidi sapu atau benang sebagai alat pemancingnya. Dari semua hal yang bisa kita dapati saat trekking atau menyusuri area pantai, maka kita tidak akan cepat bosan saat berada di Pantai Tanjung Pendam ini.

7. Tempat Bersantai dan Rileksasi

foto #6

Bagi Anda yang ingin melepas jenuh dan penat setelah seharian menjalani agenda di Kota Tanjung Pandan, maka datang ke Pantai Tanjung Pendam adalah opsi yang tepat. Dengan jarak yang tidak jauh, di pantai ini segala jenuh dan penat akan segera lenyap dan sirna. Hal ini dikarenakan Pantai Tanjung Pendam memang sangat mumpuni untuk tempat bersantai dan rileksasi. Dengan dukungan semilir angin, Anda bisa bersantai di tepian pantai sambil menikmati pemandangan. Bila Anda ingin menghindari cuaca yang panas, maka bersantai di Pantai Tanjung Pendam pada sore atau malam hari juga tak kalah mumpuni. Sebab pada sore hari Anda bisa bersantai dengan lebih maksimal karena adanya pemandangan sunset yang indah. Sedangkan pada malam hari, Anda bisa bersantai di warung-warung atau restoran sambil mendengarkan live music. Dengan fasilitas yang lengkap termasuk penginapan atau hotel, maka Anda pun tak perlu khawatir bila kemalaman saat bersantai di Pantai Tanjung Pendam pada malam hari.

8. Tempat Kuliner dan Souvenir

foto #7

Terakhir, hal menarik yang bisa kita dapati di Pantai Tanjung Pendam adalah tempat kuliner. Di sini kita memang bisa mendapati banyak warung dan resto yang menghadirkan beragam kuliner lezat. Selain menu seafood, di beberapa tempat kuliner tersebut, kita juga bisa menikmati menu khas Belitung seperti gangan yang lezat dan gurih. Jangan lupa juga saat akan pulang untuk berbelanja souvenir dan oleh-oleh seperti akar bahar, keripik sukun, kaos khas Belitung dan lainnya di sekitaran Pantai Tanjung Pendam.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar