Tips Berwisata di Belitung Agar Liburan Anda Lebih Berkesan

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #170
 
 Asep Irwan Gunawan  28/06/2018
Location: Belitung VIEW 7100 LIKE 288

Belitung kini telah menjadi tujuan destinasi berlibur favorit bagi para wisatawan. Bagaimana tidak, dengan suguhan pesona alam indah dan kulturnya yang dihadirkan menjadikan Belitung semakin menarik untuk ditelusuri. Apalagi bagi Anda yang merupakan penggemar kisah dari novel dan film “Laskar Pelangi”, maka Belitung akan menjadi tempat yang tepat untuk menapak tilas. Popularitas wisata di Belitung sendiri memang tidak terlepas dari kisah novel dan film “Laskar Pelangi” yang booming pada waktu itu. Namun meski sudah populer, ada beberapa hal lain yang perlu Anda cermati ketika akan berencana melakukan liburan di Belitung. Dengan lebih cermat dalam merencanakan wisata di Belitung maka liburan Anda pun akan terasa lebih menyenangkan dan berkensan. Nah agar wisata atau liburan Anda di Belitung ini lebih berkesan maka berikut ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1. Mempersiapkan Segalanya Jauh-jauh Hari

foto #0 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Tips pertama bagi Anda yang akan berwisata di Belitung adalah dengan mempersiapkan segalanya jauh-jauh hari. Apalagi bila Anda berencana ke sini pada high season atau peak season, maka Anda harus lebih mempersiapkan segalanya seperti tiket pesawat, akomodasi (penginapan), sewa mobil dan lainnya pada jauh-jauh hari. Mengapa harus mempersiapkan segalanya jauh-jauh hari? Sebab bila Anda melakukan pemesanan segala sesuatunya mendekati hari-H keberangkatan maka akan ada harga mahal yang harus Anda bayar. Tidak hanya untuk menghindari harga mahal, tapi mempersiapkan segala sesuatunya dari awal membuat Anda akan terhindari dari kehabisan tempat. Selain mempersiapkan tiket, penginapan, sewa mobil jauh-jauh hari, Anda juga perlu mempersiapkan rencana perjalanan selama liburan di Belitung dengan terinci.

2. Pilih Akses Perjalanan dengan Bijak

foto #1 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Belitung yang berada di Provinsi Bangka-Belitung membuat Anda harus memperhatikan akses jalan yang akan Anda tempuh untuk menuju ke sana. Apalagi bila Anda berangkat dari jauh, maka pemilihan akses akan menentukan berkesan atau tidaknya liburan Anda nantinya di Belitung. Bila Anda berangkat dari jauh seperti dari Jawa maka disarankan Anda untuk memilih akses udara dengan menggunakan pesawat. Pasalnya dengan naik pesawat maka Anda akan bisa dengan cepat mencapai Belitung. Saat Anda cepat sampai di Belitung maka akan banyak waktu dan tenaga yang Anda miliki untuk berlibur di sana. Tapi bila Anda menggunakan transportasi darat atau laut ketika berangkat dari jauh maka Anda akan kehabisan banyak waktu dan tenaga saat tiba di Belitung. Pesawat atau maskapai yang melayani akses udara ke Belitung sendiri saat ini sudah banyak serta melayani penerbangan setiap harinya. Sementara itu untuk lokasi transit dari akses udara ini adalah ke Bandara H.A.S Hanandjoeddin di Tanjung Pandan. Bila Anda datang dari jarak dekat seperti dari Pulau Bangka maka Anda bisa menggunakan jalur laut dengan menggunakan jetfoil.

3. Pilih Transportasi Darat di Belitung yang Tepat

foto #2 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Sesampai atau setibanya di Pulau Belitung maka Anda harus juga memikirkan transportasi yang akan Anda gunakan untuk berlibur. Nah pemilihan transportasi darat di Belitung ini memang juga akan menentukan kepuasan Anda saat berlibur. Bila Anda memilih jenis transportasi darat yang tidak tepat maka pastinya akan membuat liburan Anda tidak berkesan. Agar liburan di Belitung memuaskan maka pastikan Anda untuk menerapkan beberapa tips pemilihan transportasi darat yang tepat. Tips pertama, bila Anda berencana berlibur di Belitung dalam waktu yang lama dengan mengunjungi banyak tempat, maka menyewa mobil akan menjadi pilihan tepat. Jangan lupa juga untuk menyewa jasa supir jika memang Anda tak mengetahui akses jalanan di Belitung. Pilihan transportasi darat lain yang merupakan tips selanjutnya untuk menentukan jenis transportasi darat di Belitung adalah dengan menggunakan kendaraan umum seperti bus antar Kabupaten di Pulau Belitung dan ojek. Menggunakan transportasi umum ini bisa dipilih bila Anda tidak berencana berada di Belitung dalam waktu lama atau tidak berniat mengunjungi banyak destinasi.

4. Pilih Waktu Terbaik

foto #3 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Selanjutnya, tips berwisata dan berlibur ke Belitung adalah dengan memilih waktu terbaik. Bila Anda ingin menikmati wisata pantai atau bahari maka waktu terbaik datang ke Belitung adalah pada masa musim kemarau pada bulan April dan Juni. Pada waktu itu Anda akan mendapati langit yang cerah dan biru serta laut dengan ombak yang tenang. Jika Anda tidak bisa datang pada bulan April dan Juni, maka Anda bisa memilih waktu terbaik liburan bahari di Belitung lainnya pada bulan Februari dan Maret. Ini karena pada bulan tersebut ombak di lautan Belitung juga tidak terlalu tinggi sehingga Anda bisa beraktivitas di pantai dengan lebih leluasa dan menyenangkan. Tapi bila Anda datang pada musim hujan maka Anda akan tidak leluasa melakukan aktivitas karena ombak yang besar. Dan ketika ombak besar maka kapal-kapal motor juga tidak akan mau melayani permintaan Anda menyusuri lautan atau ke beberapa pulau kecil di sekitar Belitung.

5. Bawa Perbekalan di Destinasi yang Belum Ramai Pengunjung

foto #4 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Meski sudah populer sebagai tujuan destinasi berlibur, toh tidak semua tempat atau obyek wisata di Belitung ramai pengunjung. Di negeri “Laskar Pelangi” ini juga ada beberapa obyek wisata yang masih sepi. Nah dari sini maka Anda yang berencana menuju ke obyek wisata yang sepi tersebut sebaiknya menyiapkan perbekalan yang cukup. Mengapa? Sebab di obyek wisata yang sepi biasanya akan sulit dijumpai tempat makan atau warung yang menjual makanan dan minuman. Jadi Anda yang akan ke tempat wisata yang sepi di Belitung harus mempersiapkan perbekalan makanan dan minuman yang cukup. Selain perbekalan makanan dan minuman, Anda juga tidak boleh lupa untuk menyiapkan perbekalan obat-obatan pribadi agar bila sakit Anda kambuh maka akan dengan cepat bisa tertangani.

6. Keliling Pulau via Tanjung Kelayang

Belitung memang memiliki beberapa pulau kecil yang menarik untuk ditelusuri. Nah bagi Anda yang ingin berwisata ke beberapa pulau kecil di sekitaran Belitung maka ada baiknya Anda datang ke Pantai Tanjung Kelayang. Mengapa harus ke Tanjung Kelayang? Sebab Pantai Tanjung Kelayang ini merupakan pantai yang dikenal selalu menjadi tempat pemberangkatan kapal motor. Di sini Anda bisa menyewa kapal motor untuk membawa Anda menuju pulau-pulau eksotik di sekitaran Belitung. Kapal-kapal motor di Pantai Tanjung Kelayang ini sendiri disewakan oleh semacam komunitas kapal motor untuk mengkoordinasikannya. Tarif sewa kapal motor di Tanjung Kelayang sendiri adalah Rp 350.000/10 orang. Jadi Anda bisa membagi tarif tersebut dengan 10 orang tersebut bila Anda membawa rombongan atau dapat mengumpulkan orang sebanyak kapasitas kapal. Selain menyewa kapal motor, jangan lupa juga untuk mengajak guide atau pemandu wisata agar perjalanan dan penelusuran Anda di pulau-pulau kecil di Belitung ini semakin memuaskan. Sebab, pemandu wisata ini nantinya tidak hanya akan memberikan penjelasan, tapi mereka juga akan memberikan banyak informasi penting tentang aturan dan saran ketika berada di pulau.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar