Datang Ke Manggar? Inilah 6 Wisata Menarik untuk Dikunjungi

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #162
 
 Asep Irwan Gunawan  8/05/2018
Location: Belitung VIEW 9797 LIKE 583

Berkunjung ke Negeri Laskar Pelangi di Pulau Belitung, Anda tidak hanya bisa mengeksplore Kota Tanjung Pandan saja. Tapi ada daerah lain yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi sebagai tujuan berlibur di Belitung. Nah salah satu daerah yang bisa Anda kunjungi untuk berlibur di Belitung adalah Manggar. Sebagai Ibu Kota Kabupaten Belitung Timur, Manggar yang punya julukan Kota 1001 warung kopi ini akan menghadirkan banyak sajian wisata yang menarik untuk disaksikan dan dinikmati. Nah berikut ini beberapa destinasi wisata yang bisa Anda datangi di Manggar, Belitung Timur tersebut.

1. Pantai Nyiur Melambai

foto #0 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Pertama, obyek wisata menarik di Manggar yang bisa kita datangi yakni Pantai Nyiur Melambai. Pantai yang berada di Desa Lalang hingga kemudian di sebut Pantai Lalang ini memang menawan. Pasalnya Pantai Nyiur Melambai memiliki keadaan yang masih alami. Hal ini terlihat dari airnya yang masih jernih dan juga pasir putih yang lembut dan bersih. Meski tak memiliki batuan granit seperti pada umumnya pantai-pantai di Belitung, namun Pantai Nyiur Melambai punya sajian yang tak kalah menariknya. Sesuai dengan namanya, suguhan utama yang khas dari Pantai Nyiur Melambai adalah banyaknya pohon cemara yang menciptakan nyiur melambai karena tiupan angin yang kencang. Dengan keadaan ombak yang tidak begitu besar dan kontur pantai yang landai maka di Pantai Nyiur Melambai ini Anda bisa bermain air atau berenang dengan optimal. Tidak hanya menikmati sajian laut dan nyiur melambai, tapi di pantai ini kita juga bisa berfoto selfie dengan latar menarik yakni cangkir warna-warni. Cangkir warna-warni di Pantai Nyiur Melambai ini sendiri merupakan ikon atau perlambang Belitung Timur khususnya Manggar sebagai Kota 1001 warung kopi. Karena Pantai Nyiur Melambai yang berada di bagian Timur Belitung maka saat sore hari akan bisa kita nikmati sajian sunrise yang cantik. Pada waktu-waktu tertentu di Pantai Nyiur Melambai ini kita bisa mendapati festival kesenian dan aneka perlombaan.

2. Pantai Serdang

foto #1 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Pantai yang tak kalah menariknya dari Pantai Nyiur Melambai yang bisa Anda datangi di Manggar yakni Pantai Serdang. Pantai yang satu ini memiliki keistimewaan pada panorama pohon pinus laut yang tumbuh rapi dan rimbun. Begitu rimbunnya pohon pinus laut di Pantai Serdang ini membuat rasa teduh akan terasa bila kita mendekatinya. Ketika angin berhembus mengenai pohon pinus laut ini akan terdengar suara khas yang membuat suasana rileks makin terasa. Hal menarik lain di Pantai Serdang selain pepohonan pinus laut adalah adanya perahu katir yang berwarna-warni. Perahu katir sendiri adalah perahu tradisional dari nelayan setempat yang digunakan untuk melaut. Pantai Serdang juga memiliki sajian pasir putih yang bersih dan lembut. Namun ada yang berbeda dari Pantai Serdang ini dibanding dengan pantai-pantai lainnya di Belitung yakni keadaan ombaknya yang besar. Besarnya ombak di Pantai Serdang ini dikarenakan pantai ini yang langsung menghadap ke laut Cina Selatan. Meski jadi tak leluasa untuk berenang, tapi Pantai Sedang tetap tak kehilangan pesonanya. Hal ini telihat dari begitu banyaknya wisatawan yang datang ke Pantai Sedang setiap harinya, terutama pada akhir pekan atau hari libur. Jika Anda datang pada waktu yang tepat ke Pantai Sedang maka akan ada sajian festival unik yang menghadirkan atraksi perahu katir. Berada di Pantai Sedang sendiri Anda tak perlu mengkhawatirkan bagaimana Anda bisa mengisi perut. Sebab di sini ada banyak warung makan yang menghadirkan beragam makanan lokal yang lezat serta minuman kopi khas Manggar yang nikmat.

3. Pulau Buku Limau

foto #2 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Bila Anda punya waktu cukup banyak untuk berlibur di Manggar, maka mendatangi Pulau Buku Limau akan menjadi pengalaman yang menarik. Dengan menyeberang menggunakan perahu motor dari Pelabuhan ASDP Sungai Manggar selama sekitar 45 menit maka kita akan tiba di Pulau yang berada di Desa Buku Limau, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur. Di pulau seluas 87,75 hektar ini kita bisa melakukan kegiatan eksplorasi yang menarik. Kegiatan eksplorasi pertama yang bisa dilakukan di Pulau Buku Limau adalah penjelajahan pantai. Pantai di Pulau Buku Limau ini memang indah dan natural. Selain air lautnya jernih dan pasir putih bersih, di perairan sekitar pantai Pulau Buku Limau ini kita juga bisa menjumpai terumbu karang yang masih lestari serta beberapa ikan hias yang cantik. Dari suguhan pantai ini maka kita di Pulau Buku Limau bisa melakukan kegiatan renang, snorkeling hingga diving. Kegiatan ekplorasi lain yang bisa dilakukan di Pulau Buku Limau adalah penjelajahan daratan. Dalam ekplorasi yang satu ini kita akan bisa mendapati beberapa hal menarik seperti menjumpai suku bugis. Hal lain yang bisa kita dapati dalam ekplorasi daratan adalah kegiatan nelayan oleh kaum pria dan juga pengolahan ikan yang dikeringkan oleh ibu-ibu. Beberapa ikan hasil tangkapan nelayan yang diolah dan dikeringkan yakni ikan cumi, selar, jui dan teri. Pulau Buku Limau sendiri telah dikenal se-antero Belitung Timur sebagai penghasil ikan asin terbesar. Menariknya ikan asin di Pulau Buku Limau ini dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet. Dari sini Anda pun bisa menjadikan ikan asin khas Pulau Buku Limau ini sebagai oleh-oleh.

4. Bukit Samak Resort A1

foto #3 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Anda pecinta wisata ketinggian? Tenang di Manggar juga ada sebuah bukit yang bisa Anda daki untuk menikmati panorama indah dari puncaknya. Spot yang berada dekat dari Pantai Nyiur Melambai ini bernama Bukit Samak atau ada yang menyebut A1 atau yang lebih lengkap Bukit Samak Resort A1. Sebelum menjadi destinasi wisata, Bukit Samak merupakan tempat tinggal para pejabat Belanda dan juga para eksekutif PT. Timah. Hal ini terlihat dari adanya bangunan mewah di atas bukit ini. Namun karena Belanda sudah terusir dan PT. Timah yang bangkrut menjadikan tempat beralih fungsi menjadi obyek wisata yang dikelola bersama oleh Pemerintah Daerah dan masyarakat. Untuk keberadaan rumah mewah sendiri saat ini dijadikan rumah dinas Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Manggar. Dari atas Bukit Samak yang memiliki ketinggian 130 mdpl ini kita bisa menikmati panorama lautan dan pantai. Beberapa pantai yang nampak dari Bukit Samak ini adalah Pantai Nyiur Melambai, Pantai Olie Pier dan Pantai Tebing. Tak ketinggalan juga lalu lalang perahu nelayan dan Kota Manggar dari ketinggian juga bisa kita saksikan dari atas Bukit Samak ini. Dengan adanya pepohonan kecil yang rindang di sekitar bukit membuat kegiatan pengamatan pemandangan di sini akan terasa lebih nyaman. Dari segala sajian dan suguhan Bukit Samak A1 ini menjadikan tempat ini sering dikunjungi kaum muda untuk berfoto-foto.

5. OWUN

foto #4 http://belitung.tribunnews.com
http://belitung.tribunnews.com

Berikutnya, destinasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi saat ke Kota Manggar adalah OWUN (Obyek Wisata Unik Ngenjungak). Nama Ngenjungak sendiri diambil dari bahasa setempat yang bermakna berkunjung dan melihat-lihat ke suatu tempat dengan waktu yang tidak terlalu lama. Sesuai dengan namanya memang kita akan mendapatkan sesuatu yang unik di sini. Keunikan OWUN yang pertama adalah karena wisata ini berada di sebuah kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Belitung Timur. Keunikan kedua adalah karena OWUN menghadirkan wisata edukasi yang berbeda dengan wisata pada umumnya di Belitung Timur. Jadi di OWUN yang beralamat di Jalan Manggar Gantung ini kita akan mendapatkan berbagai informasi seputar pariwisata dan seni budaya Belitung Timur. Beberapa hal yang bisa kita jumpai di OWUN adalah foto-foto wisata belitung, hasil kerajinan masyarakat lokal, lada dan kopi, komoditi timah dan juga koleksi binatang atau hewan seperti Tarsius, Kura Air Tawar dan juga Buaya Muara. Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Belitung Timur yang telah di modifikasi untuk kepentingan wisata OWUN ini juga menghadirkan beberapa ruangan seperti ruang museum kopi mini dan juga ruangan budaya. Wisata yang pertama kali dibuka pada tahun 2014 ini sendiri juga menghadirkan guide yang ramah menyambut Anda dan menjelaskan beberapa informasi yang ada di OWUN serta yang berkaitan dengan pariwisata di Belitung. Menariknya lagi di OWUN ini kita juga bisa mencoba beberapa permainan tradisional Belitung seperti Cator Bujor, Cator Dam, Balon Urang serta Engrang atau Juai. Tak ketinggalan pula pengobatan tradisional Belitung dengan refleksi pijat juga bisa coba di OWUN.

6. Pantai Olie Pier

foto #5 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Terakhir, wisata di Manggar, Belitung Timur yang bisa kita kunjungi adalah Pantai Olie Pier atau Pantai Olivier. Pantai yang dulunya merupakan pelabuhan bagi kapal-kapal pengangkut timah ini akan membuat Anda mendapati banyak kisah dan cerita menarik di sini. Nama Pantai Olie Pier sendiri diambil dari bahasa Belanda dimana kata Olie bermakna minyak dan Pier yang berati pelabuhan. Bekas-bekas adanya aktivitas dermaga di Pantai Olie Pier ini masih bisa kita lihat sampai sekarang dari adanya jembatan kayu dengan panjang 200 meter yang menjorok ke laut dan ujungnya tersembunyi dibalik semak-semak. Jembatan kayu yang saat ini sering dijadikan tempat memancing inilah yang kini menjadi saksi bisu Pelabuhan atau Dermaga Olie Pier yang dulu sangat ramai dengan aktivitas isi bahan bakar minyak. Pantai yang berada di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka-Belitung ini memang dikenal sebagai pantai yang memiliki riwayat panjang. Berada di sini dengan ditemani guide, kita akan membuka memori Pelabuhan Olie Pier yang didirikan oleh perusahaan Belanda bernama NV Billiton Maatschappij. Kapal-kapal yang akan mengangut hasil tambang timah tentu akan membutuhkan bahan bakar minyak. Nah untuk mengisi bahan bakar tersebut maka kapal-kapal yang ada harus bersandar di Pelabuhan Olie Pier. Tidak hanya kapal-kapal pengangkut timah, tapi beberapa kendaraan perusahaan juga akan datang ke pelabuhan ini bila membutuhkan bahan bakar minyak. Selain kisah dan riwayat Pelabuhan Olie Pier, di Pantai Olie Pier ini kita juga bisa mendapati pemandangan sunrise yang indah pada pagi hari. Selain itu suasana pantai yang tenang karena belum banyaknya wisatawan yang datang membuat Pantai Olie Pier sangat tepat untuk Anda yang ingin bersantai dan melakukan rileksasi.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar

  • belitung comment
    Vika Aryana
    12 May 2018

    Manggar selama ini hanya terkenal dengan warung kopi, padahal ada banyak destinasi yang cukup unik di kota Manggar, pantai-pantainya juga lumayan keren. Kota Maggar hanya berjarak 30 menit dari Gantong dimana Laskar Pelangi dan Ahok berasal, jadi jangan khawatir ada banyak yang bisa dikihat di kota Manggar dan sekitarnya.