Inilah Wisata di Belitung dengan Sajian Batu Granit Indah

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #159
 
 Asep Irwan Gunawan  27/04/2018
Location: Belitung VIEW 6550 LIKE 471

Sebagai daerah dengan potensi pariwista yang terus berkembang, Pulau Belitung tentu sangat mumpuni untuk dijadikan tujuan atau destinasi berlibur. Daya tarik pulau yang dijuluki negeri laskar pelangi ini memang selalu mengundang decak kagum. Tak berlebihan bila kemudian banyak media yang meliput beberapa wisata di Pulau Belitung. Dengan pesona alam yang masih alami, kita akan banyak disuguhi berbagai hal yang memikat hati. Salah satu pesona alam di Belitung yang alami dan memikat untuk dikunjungi adalah obyek wisata dengan sajian bebatuan granit indah. Bebatuan granit di Belitung ini memang bukan batu biasa. Sebab dengan ukuran yang besar dan juga bentuk yang beragam membuat pemandangan yang dihadirkan bebatuan granit sangat memukau. Maka dari itu Anda yang sedang berlibur ke Belitung maka beberapa wisata dengan sajian bebatuan granit ini tidak boleh dilupakan.

1. Pulau Batu Berlayar

foto #0 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Obyek wisata pertama yang menghadirkan sajian batu granit yang menawan adalah Pulau Batu Berlayar. Dinamakan Pualu Batu Berlayar karena di sini kita bisa mendapati sebuah batu granit utama yang berdiri tegak dan tegar seperti kapal yang akan membentangkan layar. Dua batu utama granit yang terlihat sebagai bagian kapal yang membentangkan layar tersebut memang paling menonjol. Sebab batu granit utama tersebut ukurannya besar dan memiliki tinggi 10 meter. Jika dua batu granit utama ini dianggap sebagai bagaian kapal yang akan membentangkan layar maka yang dianggap kapalnya sendiri adalah pulau kecil yang berpasir putih. Di pulau kecil yang berada di sebelah Barat Pantai Tanjung Kelayang tersebut kita juga akan menjumpai beberapa bebatuan granit lain yang tak menariknya. Seperti pada batu granit di tepi pulau yang berbentuk mirip sirip hiu dan gigi ikan hiu. Karena menariknya batuan granit yang sebagian permukaanya ditutupi air laut tersebut, tidak jarang wistawan yang juga mengabadikannya dengan kamera. Pulau yang hanya bisa didatangi ketika saat air laut surut pada sore hari ini akan sangat membuat Anda terkesima. Sebab selain sangat alami dengan air yang jernih dan pasir putih yang bersih, kita juga akan merasakan sensasi memiliki pulau pribadi, karena tidak adanya orang yang tinggal di sini.

2. Pantai Tanjung Tinggi

foto #1 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Berikutnya, destinasi wisata di Belitung yang menghadirkan sajian batu granit yang indah adalah Pantai Tanjung Tinggi. Dinamakan Pantai Tanjung Tinggi karena berada lokasinya yang berada disebuah semenanjung dan punya bebatuan granit yang tinggi. Pantai yang berjarak 31 km dari Kota Tanjung Pandan ke arah Utara tersebut memang dikenal sebagai pantai dengan sajian batuan granit terbanyak. Ini karena di pantai seluas 80 hektar tersebut tersebar ratusan batu granit dengan berbagai bentuk dan ukuran yang ada sebesar rumah. Selain sajian bebatuan granit di pantai yang dulunya merupakan pelabuhan nelayan ini juga bisa kita dapati pasir putih yang eksotik dan juga air jernih. Bahkan ada yang menyebut air di Pantai Tanjung Tinggi adalah yang terjernih dari sekian pantai lain di Belitung. Dengan ombak yang tenang, di Pantai Tanjung Tinggi ini Anda bisa berenang, snorkeling atau diving di sekitar perairan pantai dengan nyaman. Anda hanya harus mewaspadai adanya serangan hewan ubur-ubur saat berenang. Pemandangan yang juga tak boleh Anda lupakan di sini adalah saat mentari akan terbenam di ufuk barat yang menghadirkan keindahan paorama sunset. Karena keindahan Pantai Tanjung Tinggi inilah kemudian membuatnya dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi. Dari situ kemudian beberapa orang ada yang menyebut pantai ini sebagai Pantai Laskar Pelangi.

3. Pulau Batu Garuda

foto #2 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Pulau Batu Garuda merupakan sebuah pulau di lepas pantai yang kini banyak membuat wisatawan tertarik mendatanginya. Rasa penasaran terhadap adanya bebatuan granit dengan bentuk unik di pulau ini menjadi alasan mengapa semakin hari banyak wisatawan yang datang mengunjungi pulau yang juga disebut Pulau Burung atau Pulau Garuda. Sesuai dengan namanya maka di pulau tersebut kita akan menjumpai sebuah pulau dengan sajian batuan granit berbentuk burung garuda (kepala burung garuda). Batuan granit di sini memang benar-benar berwujud kepala burung garuda yang terbentuk secara alami (bukan direkayasa oleh manusia). Dari keunikan bentuk batuan granit itulah membuat Pulau Batu Garuda sangat menarik untuk dikunjungi. Selain batuan granit yang unik dengan bentuk kepala burung garuda, di pulau yang bisa ditempuh selama 10 menit dari Pantai Tanjung Kelayang ini kita bisa mendapati sajian pasir putih yang bersih dan perairan yang jernih. Kegiatan utama wisatawan di pulau seluas 50 meter persegi ini adalah berfoto-foto. Sebab dengan keunikan batuan granit berwujud kepala burung garuda ini membuat hasil gambar yang diperoleh dari kegiatan fotografi tersebut akan sangat menawan. Selain itu dari keadaan ombak yang tenang membuat wisatawan pun bisa melakukan aktivitas berenang di pulau ini dengan nyaman.

4. Pantai Tanjung Kelayang

foto #3 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Pantai yang satu ini juga tak kalah populernya dengan Pantai Tanjung Tinggi. Hal ini dikarenakan Pantai Tanjung Kelayang telah ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Pariwisata sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Hingga tahun 2016, KEK Pantai Tanjung Kelayang ini merupakan yang ke-9 yang ditetapkan pemerintah. Dengan ditetapkannya Pantai Tanjung Kelayang sebagai KEK, maka kegiatan pariwisata di sini akan sangat mumpuni untuk siapa pun yang datang. Selain ditetapkan KEK, di tahun 2011, Pantai Tanjung Kelayang juga pernah dijadikan lokasi perhelatan Sail Wakatobi Belitong. Berada di Pantai Tanjung Kelayang yang juga digunakan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi membuat kita mendapati banyak sajian. Sajian pertama adalah bebatuan granit dengan berbagai ukuran dan bentuk, termasuk yang berukuran raksasa. Selain itu di pantai seluas 324,4 hektare ini kita juga akan mendapati sajian air yang jernih dan pasir putih yang bersih. Selain itu di sini juga ada jembatan yang dibangun untuk wisatawan bisa melihat pemandangan Pulau Batu Garuda yang memang berada tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang. Dari jembatan ini wisatawan juga bisa melakukan aktivitas memancing ikan.

5. Pantai Tanjung Kiras

foto #4 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Jika Anda adalah orang yang suka dengan kedamaian dan ketenangan saat berlibur ke pantai, maka Pantai Tanjung Kiras adalah pilihan tepat. Seperti Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kiras juga memiliki sajian batuan granit yang indah. Beberapa batuan granit di Pantai Tanjung Kiras ini juga ada yang memiliki ukuran besar. Batuan granit di Pantai Tanjung Kiras sendiri berpadu dengan pasit putih yang bersih dan air laut yang jernih. Dengan keadaan ombak yang tenang, di Pantai Tanjung Kiras Anda pun bisa leluasa berenang atau melakukan snorkeling. Di Pantai Tanjung Kiras kita juga akan disuguhi oleh pemandangan Pulau Seliu yang elok terutama ketika sore hari dengan paduan cantiknya sunset. Namun keistimewaan dari pantai yang berada Desa Tanjung Kandis, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung adalah suasananya yang alami, tenang dan damai. Bahkan ketika berada di sini, Anda akan merasakan sensasi memiliki pantai pribadi. Ini karena pantai yang juga disebut Pantai Awan Mendung berada jauh dari pusat keramaian. Bahkan begitu tersembunyinya pantai tersebut membuat Anda yang ingin datang harus melewati kawasan hutan dengan pepohonan yang tinggi dan rapat. Karena begitu alami dan privat-nya Pantai Tanjung Kiras membuatnya dijuluki The hidden and virgin beach.

6. Bukit Batu Baginde

foto #5 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Dari pulau dan pantai kita menuju ke daratan. Ya, batuan granit di Belitung juga bisa kita jumpai di tengah daratan yakni di Bukit Batu Baginde. Dinamakan bukit karena besarnya ukuran Batu Baginde mencapai ketinggian 250 meter dari permukaan tanah. Dengan diameter 1,5 meter, kita akan cukup leluasa beraktivitas di atas Bukit Batu Baginde. Destinasi yang juga sering disebut Bukit Baginda ini memang menarik. Sebab di sini kita akan disuguhi sajian batuan granit dengan ukuran raksasa dan menjulang membentuk bukit. Di lokasi Bukit Batu Baginde sendiri kita akan mendapati dua batu granit besar yang berdekatan yang diyakini oleh penduduk setempat sebagai pasangan dengan jenis kelamin pria dan wanita. Beberapa kepercayaan lain dari masyarakat meyakini bahwa lokasi Bukit Batu Baginde merupakan tempat sakral. Ini terbukti bahwa beberapa orang ada yang datang ke sini untuk bermunajat hingga mencari pesugihan. Namun dibalik itu semua, keindahan Bukit Batu Baginde akan membuat Anda terpana. Bagaimana tidak, di sini selain menyaksikan batuan granit raksasa, kita bisa ke atas untuk melihat pemandangan elok berupa hamparan laut, pantai dan juga suasana Desa Padang Kandis. Apalagi bila Anda datang ke sini pada pagi atau sore hari, maka akan ada sajian sunrise dan sunset yang cantik untuk disaksikan dari atas Bukit Batu Baginde.

7. Pantai Bukit Batu

foto #6 http://www.belitungi
http://www.belitungi

Terakhir, destinasi wisata di Belitung dengan sajian batu granit indah yang sangat mumpuni untuk dikunjungi adalah Pantai Bukit Batu. Pantai yang dibangun tahun 2004 dan dimiliki Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ini memang menarik karena selain masih sangat asri juga punya dua sajian utama. Dua sajian utama yang bisa kita nikmati di Pantai Bukit Batu adalah pantai dengan bebatuan granit dan juga pantai berpasir putih. Pantai yang tersembunyi dibalik bukit ini memang masih asri, alami dan menenangkan. Dari sinilah maka di Pantai Bukit Batu kita bisa menikmati kegiatan bersantai dan relaksasi dengan optimal. Tidak hanya bersantai, berenang dan bermain pasir, tapi di Pantai Bukit Batu kita juga bisa menyaksikan batu besar yang disebut Batu Betarak. Batu Betarak ini terbilang unik karena bentuknya mirip orang yang sedang lagi sembahyang. Dari sinilah maka banyak orang yang menyebut Batu Betarak sebagai Batu Sembahyang. Kegiatan menarik lain yang bisa dilakukan di Pantai Bukit Batu adalah mendapati agar-agar rumput laut yang memang jarang dijumpai di Pulau Belitung. Untuk melihat pemandangan lebih luas, Anda juga bisa naik ke sebuah bukit yang berada tidak jauh dari Pantai Bukit Batu. Dengan adanya rumah panggung di atas bukit ini maka kegiatan pengamatan panorama Anda akan terasa sangat nyaman.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar

  • belitung comment
    Gilang Suhendar
    12 May 2018

    Bukan Belitung namanya kalau bukan batu granit yang tersebar dengan indah dimana-mana. Tolong carikan referensi tentang asal uasal batu-batu granit ini, apakah dulu di Belitung ada gunung berapi ?

    belitung image