Telusuri Jejak Laskar Pelangi di 4 Wisata Belitung Ini

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #154
 
 Asep Irwan Gunawan  16/01/2018
Location: Pulau Belitung VIEW 9036 LIKE 358

Pulau Belitung yang indah memang dikenal sebagai negeri “laskar pelangi”. Laskar Pelangi sendiri adalah nama novel dan film yang booming di Indonesia pada tahun 2008. Film yang menghadirkan tokoh Ikal dan Lintang serta 8 anak lain yang kemudian disebut laskar pelangi ini terasa sangat menyentuh. Dari setting lokasi film di Belitung maka membuat pulau di Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung ini memiliki jejak “laskar pelangi” yang menarik untuk ditelusuri dalam kegiatan wisata.

1. SD Laskar Pelangi

foto #0 https://wiediesta.wordpress.com
https://wiediesta.wordpress.com

Meski hanya sebuah replika, namun keadaan SD Laskar Pelangi ini dibuat sangat mirip dengan kisah yang ada dan diceritakan oleh penulis novel Andrea Hirata yang penuh dengan kesederhanaan. SD yang sejatinya bernama SD Muhammadiyah Gantong ini sendiri juga menjadi salah satu lokasi syuting dari film “Laskar Pelangi”. Dikisahkan di SD Muhammadiyah Gantong inilah Ikal dan 9 anak lainnya menimba ilmu dengan penuh semangat. Di sini juga Ibu guru Muslimah yang dalam film diperankan Cut Mini dengan penuh semangat mengajarkan ilmu pada anak-anak laskar pelangi. Di SD Laskar Pelangi ini Anda bisa mengenang kisah laskar pelangi dan juga berfoto-foto sebagai kenang-kenangan. Untuk ke SD Laskar Pelangi ini Anda bisa datang ke Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

2. Museum Kata Andrea Hirata

foto #1 http://indonesiatouristnews.com
http://indonesiatouristnews.com

Andrea Hirata yang merupakan penulis novel Laskar Pelangi sekaligus sebagai pelaku utama Ikal dalam cerita sesungguhnya tentu menjadi tokoh yang tak bisa dikesampingkan. Nah untuk menjelejahi jejak novel-novel Andrea Hirata termasuk novel Laskar Pelangi kita bisa datang ke Museum Kata Andrea Hirata yang berada di Jalan Laskar Pelangi Nomor 7 di Desa Gantong, Belitung Timur. Di sini kita bisa beberapa cuplikan film laskar pelangi, karya novel laskar pelangi dan kata-kata penyemangat sesuai nama museumnya. Salah satu kata-kata yang membakar semangat yang juga disebut dalam novel Laskar Pelangi yakni "Bermimpilah, maka Tuhan akan memeluk mimpimu". Museum Kata Andrea Hirata sendiri pada akhirnya kini dikenal sebagai museum sastra pertama di Indonesia.

3. Pantai Tanjung Tinggi

foto #2 http://www.bobocantik.com
http://www.bobocantik.com

Jejak Laskar Pelangi lainnya di Pulau Belitung yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Tanjung Tinggi. Pantai yang berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung ini dalam kisahnya memang sering dikunjungi Ikal dan teman-temannya untuk menghabiskan waktu bermain dan bersantai. Pantai yang dikenal dengan bebatuan granitnya yang besar dan tinggi ini bukan hanya akan membuat Anda teringat kisah dari Laskar Pelangi. Tapi dengan keeksotisannya maka Anda di sini akan dibuat terpesona dan terpukau oleh keindahannya. Pantai yang berjarak 37 dari pusat Kota Tanjung Pandan ini sangat tepat Anda kunjungi saat sore jelang petang. Hal ini dikarenakan saat itu pantai dengan air yang jernih tersebut akan menghadirkan pemandangan sunset yang cantik. Dengan keadaan air yang jernih maka di Pantai Tanjung Tinggi ini Anda juga bisa berenang dengan leluasa. Jangan lupakan juga untuk berfoto-foto di sini dengan latar bebatuan granit yang pastinya akan menghasilkan gambar yang keren.

4. Kota Tanjung Pandan

foto #3 https://phypinmarga.blogspot.co.id
https://phypinmarga.blogspot.co.id

Sebagai Ibu Kota Kabupaten Belitung maka Kota Tanjung Pandan memang tak bisa dilepaskan dari kehidupan Ikal dan juga Laskar Pelangi. Meski saat ini sudah banyak berubah karena modernisasi, tapi beberapa tempat masih menyimpan kisah dari Laskar Pelangi. Salah satu tempat yang menyimpan kisah Laskar Pelangi adalah beberapa warung kopi, terutama Waroeng Kopi Ake. Waroeng Kopi Ake sendiri merupakan warung kopi tertua di Belitung sejak tahun 1921. Di sini selain Anda bisa menikmati secangkir kopi khas Belitung, Anda juga bisa bernostalgia mengenang masa lalu dan latar film Laskar Pelangi.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar